Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekas Rumah Agatha Christie Jadi Tempat "Shooting"

Kompas.com - 04/06/2013, 18:03 WIB

SOUTH DEVON, KOMPAS.COM -- Greenway, bekas rumah musim panas penulis kisah kriminal kawakan, mendiang Agatha Christie, di South Devon, Inggris, akan berperan penting dalam film terakhir yang menampilkan tokoh Hercule Poirot di layar kaca, yang dimainkan oleh aktor David Suchet.

Film itu, yang berjudul Dead Man's Folly, menampilkan adegan-adegan yang difilmkan di Greenway itu. Kini rumah tersebut dimiliki oleh National Trust dan menjadi obyek wisata.

Film itu merupakan film terakhir kisah misteri karya Agatha Christie tersebut, yang dimainkan oleh Suchet sejak 1989. Ketika seri yang ditayangkan di ITV itu rampung pada Juli mendatang, Suchet bisa mengatakan ia telah tampil dalam setiap kisah Christie yang menampilkan Poirot atau 65 film.

Suchet mengatakan kepada BBC tahun lalu, ia merasa telah "meraih sebuah mimpi". "Tapi, saya juga akan merasa sangat sedih, karena saya akan mengucapkan selamat tinggal kepada Poirot dan kemudian saya harus menguburnya," tuturnya.

Dead Man's Folly untuk kali pertama diterbitkan pada 1956. Buku itu telah diterbitkan dalam bahasa Indonesia dengan judul adaptasi Kubur Berkubah.

Rumah di pusat misteri tersebut terilhami oleh Greenway. Rumah itu mencakup sebuah pondok perahu yang sama dengan tempat di mana sesosok mayat ditemukan.

Dead Man's Folly merupakan satu dari lima film baru Poirot yang akan ditayangkan di ITV. Empat film lainnya adalah Elephants Can Remember (Gajah Selalu Ingat), Curtain: Poirot's Last Case (Tirai: Kasus-Kasus Terakhir Poirot), The Labours of Hercules (Tugas-Tugas Hercules), dan The Big Four (Empat Besar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com