Depresi, Aktor Inggris Ini Akui Pernah Mencoba Bunuh Diri

Kompas.com - 06/06/2013, 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebuah pengakuan mengejutkan datang dari aktor Inggris, Stephen Fry (55). Dalam sebuah wawancara pada Rabu bersama komedian Richard Herring, ia mengaku berjuang melawan penyakit mentalnya hingga pernah berupaya bunuh diri pada tahun lalu. 

Fry mengungkapkan bahwa dia menjadi "korban dari suasana hatinya sendiri" dan pernah diharuskan berobat sehingga dia tak menjadi terlalu depresi untuk bisa sampai ke titik bunuh diri.

"Saya sudah pernah lebih jauh lagi dengan berupaya bunuh diri tahun lalu. Saya menelan banyak pil dan menenggak banyak vodka serta mencampurkannya sampai badan saya kejang begitu rupa sehingga empat tulang rusuk patah," kata Fry.

"Untungnya produser yang membuat film saya waktu itu datang ke kamar hotel dan mendapati saya dalam kondisi mengkhawatirkan serta membawa saya pulang ke Inggris untuk diperiksa."

Fry berbicara kepada para pemirsa Leicester Square Theater di London bahwa itulah pertama kali dia berbicara terbuka kepada publik soal percobaan bunuh diri dan dia berani mengungkapkannya karena dia kini menjadi presiden yayasan kesehatan mental bernama Mind.

Kepada sesama penderita gangguan bipolar, dia menyarankan untuk jangan malu dan terus melanjutkan hidup.

Fry meminta izin untuk menjawab pertanyaan tertulis seorang anak berusia 12 tahun yang menanyainya bagaimana rasanya menjadi Stephen Fry. "Rasanya campur aduk dan aneh," jawab sang aktor seperti dikutip Reuters.

Bukan kali ini saja Fry blak-blakan soal penyakit mentalnya. Dia pernah mengungkapkan hidup dengan menyandang gangguan bipolar dalam satu video dokumenter tahun 2006 berjudul Stephen Fry: The Secret Life of the Manic Depressive.

Fry mengerjakan banyak bidang kerja, mulai dari akting, menulis, penyutradaraan, jurnalisme, sampai mengasuh program radio dan televisi selama empat dekade kariernya, sampai dia dikenal sebagai sosok penting dalam seni dan budaya Inggris.

Aktor lulusan Cambridge ini dikenal berkat perannya dalam komedi Inggris Blackadder, komedi A Bit of Fry & Laurie bersama Hugh Laurie, dan host acara kuis BBC QI.

Dia juga adalah narator untuk ketujuh buku Harry Potter yang diaudiokan.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X