Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: PRJ Harus Dikembalikan ke Rakyat

Kompas.com - 07/06/2013, 13:06 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi mengkritik penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang biasa digelar di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, selama ini. Jokowi ingin agar Jakarta Fair kembali ke niat awal, yakni pesta untuk rakyat.

"Harus dikembalikan ke roh semula. Harus dikembalikan ke rakyat," kata Jokowi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (7/6/2013).

Jokowi mengatakan, pihaknya ingin membuat konsep baru untuk PRJ selanjutnya. Ke depan, kata dia, industri kecil yang berbasis budaya harus lebih banyak. Hanya saja, kata dia, untuk pengelolaan tetap akan dipegang swasta.

"Jangan sampai konsep lama kehilangan di PRJ. Kita akan konsen ke sana. Rohnya adalah pesta rakyat, jadi rakyat harus menikmati," pungkas Jokowi.

Seperti diberitakan, penyelenggaraan PRJ dikritik lantaran dinilai sudah menyimpang dari tujuan awal. Tidak semua warga bisa mengunjungi PRJ karena harus merogoh uang yang lumayan banyak. Contohnya, setiap pengunjung harus membayar tiket masuk Rp 30.000.

Pihak PT JI Expo beralasan sulit mendatangkan banyak pengunjung jika semua stan diisi UMKM. Saat ini PT JI Expo memberikan 40 persen untuk UMKM, sedangkan sisanya untuk perusahaan swasta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com