Buktikan Eksistensi, Black Sabbath Rilis Album "13"

Kompas.com - 11/06/2013, 14:07 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

LOS ANGELES, KOMPAS.com Tiga anggota asli Black Sabbath yang terdiri atas Ozzy Osbourne (vokal), Tonny Iommi (gitar), dan Geezer Butler (bass), ditambah Brad Wilk, drumer Rage Against The Machine, mengeluarkan album baru berjudul 13 dan merencanakan tur dunia untuk promosi.

"Saya tidak pernah mengira kami masih kuat tahun 2013 ini," kata Osbourne, yang beberapa waktu lalu dikabarkan tengah berperang melawan kecanduan alkohol dan obat-obatan yang memicu friksi dengan anggota yang lain.

"Tapi sangat menyenangkan bisa kembali bersama," katanya seperti dilansir Reuters.

Album 13, yang merupakan album rekaman pertama mereka sejak tahun 1973, dirilis pada pekan ini.

Setelah anggota band menyetujui lagu-lagu yang akan dimasukkan ke album, mereka membawanya ke produser rekaman Rick Rubin.

Album itu antara lain meliputi lagu "Damaged Soul", "End of the Beginning", dan single pertama "God Is Dead?" serta lagu lain yang lebih jazzy seperti "Zeitgeist".

"Aslinya ini hanya pemanasan, tapi Rick berpikir ini bagus, dan berakhir jadi album," kata Butler.

Black Sabbath juga berencana memulai tur di Amerika Serikat musim panas ini dan menjadwalkan tampil di Amerika Selatan dan Eropa setelahnya.

Butler mengatakan, mereka juga ingin menjaring penggemar yang lebih muda. "Kami memang tambah tua tapi penonton tetap sama," ungkap Butler.

"Nanti juga ada orang-orang seusia kami, yang rambutnya sudah memutih," tambahnya.

Osbourne pun berpendapat bahwa tur kali ini akan berjalan lebih baik.

"Saya perlu beberapa konser untuk menyadari bahwa saya jadi pemimpin band selama 35 tahun atau lebih dan saya harus mundur dan jadi anggota band. Lama-lama terbiasa dan pada akhirnya, bagus juga," katanya.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X