Lea Simanjuntak Merintih untuk Iwan Fals

Kompas.com - 26/06/2013, 14:28 WIB
Lea Simanjuntak KOMPAS.com/IRFAN MAULLANALea Simanjuntak
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com — Dilibatkan dalam rekaman album baru artis musik kawakan Iwan Fals, sebagai vokalis, ternyata Lea Simanjuntak tidak melulu menyanyikan lirik lagu. Untuk salah satu lagu Iwan, Lea tak menyanyi, tetapi merintih.

Suara Lea ada dalam dua lagu Iwan, "Katanya" dan "Aku Ada", pada album berjudul Raya itu. Tetapi, dalam "Aku Ada", ia tidak menyanyikan lirik lagu tersebut.

"Untuk 'Aku Ada', justru sangat spesial karena aku dibebasin nyanyi, disuruh explore, dan aku bukan nyanyi lirik. Menurut Bang Iwan, aku disuruh membawain karakter peri yang ngelihatin rakyatnya nyanyi-nyanyi di gunung, seperti menyampaikan kata hati Bang Iwan dan orang-orang di perkampungan itu dengan rintihan vokalku," cerita Lea dalam wawancara di Rolling Stone Cafe, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2013) malam.

"Ini pengalaman yang baru buat aku, menerjemahkan keadaan ke dalam lagu. Mungkin dia sudah ada gambaran dengan vokalku," lanjutnya.

Walaupun tidak menyanyikan lirik "Aku Ada", Lea diharapkan Iwan bisa membangun suasana lagu itu.

"Tapi, aku harus bisa membawakan feel, suasananya. Tahu sendiri kan, lagu Bang Iwan panjang-panjang dan jangan sampai aku bikin ngedrop lagunya. Karena, dia memang mau vokalku main di mood, ada bagian di mana aku harus rem dan ada bagian aku harus all out," jelas Lea.

Untuk vokal rintihannya, Lea menyiapkan beberapa versi yang kemudian akan di-mix menjadi satu. "Beberapa versi, itu yang diramu oleh yang mixing. Kalau dengar albumnya, aku angkat topi buat yang mixing karena itu PR (pekerjaan rumah) banget," ujarnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.