"Upside Down": Ketika Cinta Melawan Gravitasi

Kompas.com - 21/07/2013, 12:06 WIB
Film Upside Down Dok Warner Bros PicturesFilm Upside Down
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Kekayaan imajinasi dituangkan secara visual dengan indah di film ini. Bayangkan jika planet Bumi punya kembaran, begitu dekat hingga berbagi atmosfer yang sama, tetapi masing-masing punya gaya gravitasi berlawanan. Lalu, dua anak manusia dari planet atas-bawah ini saling jatuh cinta dan bergulirlah cerita tentang upaya mereka melawan gravitasi, demi cinta.

Hal pertama yang menarik dari film arahan Juan Solanas—juga sekaligus penulis ceritanya—ini adalah latar ceritanya. Dua planet, bisa disebut planet atas dan planet bawah, berdekatan tetapi memiliki tarikan gravitasi yang berlawanan. Begitu dekat sehingga pucuk-pucuk gedung gemerlapan di planet atas adalah pemandangan langit bagi planet bawah.

Sementara planet atas gemerlap, planet bawah tak ubahnya area kumuh, miskin, nyaris tanpa pasokan listrik. Di sini, konteks ekonomi dimasukkan, tentang betapa dahsyat eksploitasi korporasi. Satu-satunya "jembatan" antara kedua planet itu adalah gedung pencakar langit milik korporasi Transworld yang sangat berkuasa. Transworld menyedot sumber daya alam planet bawah untuk kesejahteraan planet atas.

Tepat di lantai tengah gedung Transworld, orang-orang dari kedua planet bekerja bersama dalam satu ruangan. Bagi penghuni planet bawah di ruang itu, penghuni planet atas seperti jalan-jalan dan beraktivitas di langit-langit ruangan, begitu pun sebaliknya.

Cerita versus latar
Pertukaran barang dan orang antara kedua planet dilarang keras. Akan tetapi, Adam (Jim Sturgess), seorang anak muda dari planet bawah, dan Eden (Kirsten Dunst) justru saling jatuh cinta. Tempat pertemuan pertama mereka—saat mereka masih anak-anak—adalah puncak perbukitan tertinggi di kedua planet. Di puncak itu, jarak kedua planet jadi makin dekat. Mereka bisa berbincang, bahkan lebih berdekatan lagi, tentu dengan posisi tubuh yang unik karena perbedaan gaya gravitasi itu.

Setelah terpisah 10 tahun, Adam bertekad menemukan kembali kekasihnya. Menemui Eden di planet atas tentu tak gampang sekaligus terlarang. Di sini, cerita dibuat ala Romeo dan Juliet. Namun, kisah cinta ini seperti kurang gereget dibandingkan latarnya yang begitu besar dan kompleks. Percintaan Adam dan Eden tak menjadi jalan untuk menggugat ketimpangan tatanan sosial yang sudah begitu rapi dideskripsikan.

Di samping daya tarik Jim Sturgess dan Kirsten Dunst, penampilan aktor Inggris Timothy Spall sebagai Bob—satu-satunya kawan Adam dari planet atas—memberi sentuhan manusiawi yang menyegarkan di film ini.

Bagaimanapun, Upside Down menawarkan suguhan visual yang memanjakan mata. (DAY)

Sutradara/skenario: Juan Diego Solanasu
Pemeran: Jim Sturgess, Kirsten Dunst.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X