Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kris Biantoro Tampak seperti Tertidur

Kompas.com - 13/08/2013, 18:43 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyanyi, aktor, dan pembawa acara kawakan Kris Biantoro (75) meninggal dunia di kediamannya di Cibubur, Jakarta Timur, pada Selasa (13/8/2013), pukul 13.30 WIB. Pembantu rumah tangganya, Sum, yang sedang berada di rumah itu ketika Kris kedapatan tak lagi bernyawa, mengatakan bahwa Kris tampak seperti tertidur.

"Jam 12.30 (siang), Bapak sendiri di rumah sama Sum, yang sudah 30 tahun ikut (bekerja sebagai pekerja rumah tangga di kediaman Kris). Katanya, Bapak tertidur di kursi bambu sambil dengerin burung (peliharaannya)," cerita anak pertama Kris, Invianto, dalam wawancara di Rumah Sakit Melia Cibubur, Selasa (13/8/2013), tempat jenazah Kris dimandikan.

Invianto semula khawatir kondisi Kris semakin memburuk setelah 38 tahun menderita gagal ginjal. Namun, menurut Invianto, ayahnya bisa jadi terkena serangan jantung sehingga akhirnya tutup usia. "Enggak ada tanda-tanda sih ya. Minggu (10/8/2013) masih happy banget. Kemungkinan besar serangan jantung," ucap Invianto.

"Yang kami takut ginjalnya, eh malah kena jantungnya. Kami ditelepon sama pembantu dan langsung kami cek sama dokter di klinik dekat rumah, (denyut) nadinya sudah enggak ada. Kami langsung bawa ke rumah sakit dan memang sudah enggak ada," lanjutnya,

Di luar itu, Invianto mengenang figur Kris sebagai panutan keluarga yang memiliki jiwa nasionalis. "Semacam panutan, semangat nasionalismenya, pemikiran yang dituangkan dalam buku, jiwa kesatrianya, ditanamkan kepada keluarga dan teman-teman artisnya. Dia selalu ngasih motivasi kepada semua orang, termasuk saya," ucapnya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com