Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spike Lee Galang Dana untuk Biaya Filmnya

Kompas.com - 20/08/2013, 10:15 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com — Sutradara AS, Spike Lee, sudah berhasil mengumpulkan dana 1,25 juta dollar AS lewat Kickstarter untuk filmnya yang berikut.

Film yang sementara ini diberi judul The Newest Hottest Spike Lee Joint itu akan mengisahkan seseorang yang kecanduan darah serta ditampilkan sebagai film yang "lucu, seksi, dan berdarah". Lebih dari 28 pendukung film tersebut masing-masing menyumbang 10.000 dollar AS lewat situs penggalangan dana Kickstarter. Sebagai imbalan, mereka antara lain akan duduk di samping Spike Lee dalam menonton pertandingan bola basket klub New York Knicks.

Sutradara dan produser film indie ini menambahkan bahwa dia juga pernah menggunakan uangnya sendiri untuk film-filmnya. "Pembuat film indie selalu mencari pendanaan karena kerja mereka dan visi mereka kadang tidak sesuai dengan studio (perusahaan besar) film," tulis Lee di Kickstarter.

"Saya mendanai sendiri Red Hook Summer. Bayaran saya untuk Malcolm X ditaruh kembali untuk anggaran film. Kenyataannya saya sudah melakukan Kickstarter sebelum Kickstarter ada," lanjutnya.

"Faktanya adalah saya membawa perhatian kepada Kickstarter, membawa ke Kickstarter para pendukung yang belum pernah mendengar Kickstarter sebelumnya," tulisnya lagi.

Bagaimana pun, Lee memuji keberhasilan Kickstarter, dengan menyebut, misalnya, bintang seri TV Scrubs, Zach Braff, misalnya, yang berhasil menggalang dana 3 juta lebih dollar AS untuk film berikutnya, atau para pendukung acara TV Veronica Mars, yang dihentikan, yang mengumpulkan 5 juta dollar AS untuk kelanjutannya.

Lee menyadari para pengkritik mempertanyakan etika dari para sutradara yang berhasil, seperti Lee, yang meminta sumbangan dana dari para pendukung. Menurut para pengkritik, langkah itu akan membuat produser film muda akan kesulitan mencari dana di luar sistem Hollywood.

"Ini kekeliruan lainnya. Faktanya adalah saya membawa perhatian kepada Kickstarter, membawa ke Kickstarter para pendukung yang belum pernah mendengar Kickstarter sebelumnya," tegas Lee.

Dia juga membela keputusannya untuk tidak mengungkap terlalu banyak tentang filmnya yang berikut itu. Alasannya, untuk film aksi, rincian yang lebih sedikit akan lebih baik. "Agar film ini bisa dinikmati penonton, mereka tidak boleh tahu banyak sebelum duduk di bioskop dan menontonnya," tekannya.

Film terakhir Lee adalah produksi ulang film Korea Oldboy, dengan bintang Josh Brolin, yang akan diluncurkan di Inggris pada Desember tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com