Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JMF, Usaha Tumbuhkan Lagi Cinta Musik Melayu

Kompas.com - 20/08/2013, 12:13 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kecintaan terhadap musik Melayu, yang kini sudah terpinggirkan dari para pendengar musik di Tanah Air, menggelitik salah satu pihak untuk menumbuhkannya kembali. Mereka akan melakukannya dengan menggelar Jakarta Melayu Festival (JMF).

"Berawal dari keinginan sederhana, bangsa Indonesia berasal dari berbagai bangsa, salah satunya Melayu, bahasa Indonesia juga dari bahasa Melayu, tapi Melayu kini tak punya tempat baik di media maupun radio-radio. Atas dasar itu kami ingin mengangkat kembali musik Melayu," ujar Geiz Chalifah, yang mewakili Gita Cinta Production, penyelenggara JMF, dalam jumpa pers di The Galeri Cafe, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Senin (20/8/2013).

Harapan yang sama juga diutarakan oleh vokalis lagu religi Sulis terhadap festival musik yang akan diselenggarakan di Birawa Assembly Hall, Bidakara Hotel, Jakarta, pada 30 Agustus 2013 itu.

"Sulis sebagai generasi baru berusaha supaya mereka tertarik dengan musik Melayu, dengan dikemas kekinian. Mudah-mudahan musik Melayu tidak lagi jadi musik pinggiran, tapi kembali menjadi musik istana," kata Sulis.

Direncanakan, JMF akan menampilkan bermacam jenis musik Melayu yang berkembang di Indonesia sambil diiringi oleh Anwar Fauzi Orchestra. "Kami akan ajak penonton 'berkeliling' Indonesia, mulai dari Aceh, Riau, sampai Kalimantan. Saya berani menjamin, setelah dengar musik yang dibuat Anwar Fauzi pada 30 Agustus (2013) nanti, penonton akan merasakan musik Melayu yang semewah itu," janji Geiz.

Sejumlah artis musik Melayu kenamaan pun dipastikan akan meramaikan JMF. Di antaranya  ada, Hendri Lamiri, Buthonk, Hamdan ATT, Fuad Balfas, dan Sulis.

"Sulis akan membawakan lagu Melayu, lagunya cukup sulit dan bikin Sulis ragu, karena cengkok Melayu cukup sulit. Tapi, tapi oke lah, Sulis siap," ujar Sulis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com