JMF, Usaha Tumbuhkan Lagi Cinta Musik Melayu

Kompas.com - 20/08/2013, 12:13 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Kecintaan terhadap musik Melayu, yang kini sudah terpinggirkan dari para pendengar musik di Tanah Air, menggelitik salah satu pihak untuk menumbuhkannya kembali. Mereka akan melakukannya dengan menggelar Jakarta Melayu Festival (JMF).

"Berawal dari keinginan sederhana, bangsa Indonesia berasal dari berbagai bangsa, salah satunya Melayu, bahasa Indonesia juga dari bahasa Melayu, tapi Melayu kini tak punya tempat baik di media maupun radio-radio. Atas dasar itu kami ingin mengangkat kembali musik Melayu," ujar Geiz Chalifah, yang mewakili Gita Cinta Production, penyelenggara JMF, dalam jumpa pers di The Galeri Cafe, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Senin (20/8/2013).

Harapan yang sama juga diutarakan oleh vokalis lagu religi Sulis terhadap festival musik yang akan diselenggarakan di Birawa Assembly Hall, Bidakara Hotel, Jakarta, pada 30 Agustus 2013 itu.

"Sulis sebagai generasi baru berusaha supaya mereka tertarik dengan musik Melayu, dengan dikemas kekinian. Mudah-mudahan musik Melayu tidak lagi jadi musik pinggiran, tapi kembali menjadi musik istana," kata Sulis.

Direncanakan, JMF akan menampilkan bermacam jenis musik Melayu yang berkembang di Indonesia sambil diiringi oleh Anwar Fauzi Orchestra. "Kami akan ajak penonton 'berkeliling' Indonesia, mulai dari Aceh, Riau, sampai Kalimantan. Saya berani menjamin, setelah dengar musik yang dibuat Anwar Fauzi pada 30 Agustus (2013) nanti, penonton akan merasakan musik Melayu yang semewah itu," janji Geiz.

Sejumlah artis musik Melayu kenamaan pun dipastikan akan meramaikan JMF. Di antaranya  ada, Hendri Lamiri, Buthonk, Hamdan ATT, Fuad Balfas, dan Sulis.

"Sulis akan membawakan lagu Melayu, lagunya cukup sulit dan bikin Sulis ragu, karena cengkok Melayu cukup sulit. Tapi, tapi oke lah, Sulis siap," ujar Sulis.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.