Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ari Pramundito Andalkan Improvisasi

Kompas.com - 28/08/2013, 09:45 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com --  Musisi Ari Pramundito (32) jarang menyediakan waktu untuk latihan sebelum tampil di panggung. Dia mengandalkan improvisasi musik secara spontan di depan penggemarnya.

"Aku sukanya latihan mendekati deadline, bisa sehari atau dua hari sebelumnya. Kadang-kadang juga tiga jam sebelumnya karena kalau latihan toh akan berbeda saat di panggung, tergantung penontonnya juga," kata Ari yang akan tampil dalam Indonesian Jass Festival di Jakarta pada Sabtu (31/8/2013).

Pemilik album I’ll Do ini hanya menentukan lagu-lagu utama yang akan dimainkan bersama bandnya. Menurut dia, improvisasi spontan yang dilakukan bersama teman- temannya karena mereka saling mengetahui kemampuan masing-masing dalam bermusik.

"Selanjutnya tergantung penontonnya siapa saja, kami menyesuaikan. Misalnya, kalau drummer-nya bisa nyanyi, ya, aku suruh nyanyi. Kalau penampilan di panggung sama saja dengan biasanya, enggak ada lompatan sesuatu yang berbeda. Setiap variasi pasti bisa menonjolkan talenta tiap-tiap personel," ujarnya.

Saat ini, Ari berencana membuat suatu proyek album bersama musisi jazz lainnya. Namun, dia masih merahasiakan siapa saja musisi jazz yang digandengnya.

"Kami sudah sering bertemu dan tiba-tiba terpikir untuk membuat proyek album. Mudah-mudahan albumnya bisa keluar akhir tahun ini," ujar pelantun "Aku Sangat Mencintaimu" ini. (SIE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com