Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trio Macan: Kami Tak Ada Jadwal Ikut Festival Pesisir Bengkulu

Kompas.com - 18/09/2013, 15:14 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Pada 16 September 2013, pihak Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu mengatakan mendukung penolakan terhadap rencana kehadiran Trio Macan untuk tampil dalam Festival Pesisir Bengkulu atau Bengkulu Beach Festival, yang akan diselenggarakan pada 27-30 September 2013. Namun, pihak manajemen yang menaungi Trio Macan, Proaktif Communications, menyampaikan klarifikasi bahwa trio vokal dangdut tersebut sama sekali tidak memiliki jadwal untuk manggung dalam festival itu.

"Trio macan tidak ada jadwal ke bengkulu pada tanggal tersebut. Dari pihak manajemen juga tidak pernah dihubungi oleh panitia atau EO yang akan mengundang acara atau kegiatan sebagaimana yang dimaksud dalam acara pesta kesenian pesisir di bengkulu," terang pihak Proaktif Communications melalui surat elektronik yang diterima oleh Kompas.com, Rabu (18/9/2013).

Selain itu, pihak Proaktif Communications menerangkan pula bahwa Trio Macan sudah bebenah diri dengan menjadi penyanyi-penyanyi yang mengutamakan kualitas vokal dan menyajikan penampilan yang sopan.

"Trio Macan yang anggotanya Iva Novanda, Lia Amelia dan Chacha Serly, mencoba untuk bebenah diri dan melakukan perubahan performance dengan lebih mengedepankan kualitas vocal dan performance, dengan tetap menjaga etika dan norma-norma kesopanan. Hal ini dilakukan karena kami sadar bahwa musik kami adalah musik universal yg bisa dinikmati oleh berbagai kalangan," tulis pihak itu juga. "Semenjak lagu 'Iwak Peyek' dan sekarang single terbarunya, 'Buka Sitik Joss', Trio Macan ingin menampilkan karakter dan performance panggung yang lebih elegan, full Koreo dan tetap menjaga image yang baik. Sehingga Trio Macan dalam kancah musik indonesia berharap bisa diterima di semua kalangan masyarakat," sambung pihak tersebut.

Namun, lanjut pihak manajemen Trio Macan, trio itu sadar memiliki kekurangan sehingga membuka diri untuk dikritik, meminta maaf, dan memerbaiki diri.  

Pihak Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu pada 16 September 2013 mengatakan bahwa mereka mendukung penolakan masyarakat Bengkulu terhadap rencana pertunjukan Trio Macan dalam Festival Pesisir Bengkulu.

"Sesuai aspirasi masyarakat yang menolak kehadiran Trio Macan di Bengkulu, kami dari Komisi IV juga mendukung upaya penolakan kehadiran Trio Macan di Bengkulu," kata Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Syafrianto Daud, ketika itu. "Kami hanya menyampaikan aspirasi masyarakat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," tambahnya.

Menurut Syafrianto, Trio Macan ditolak karena dianggap biasa memertontonkan goyangan yang tidak sopan. Untuk itu, lanjut Syafrianto, Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, yang menyelenggarakan festival tersebut, harus segera membatalkan rencana pementasan Trio Macan itu dan menggantinya dengan penampilan artis musik lain.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Hasanudin, ketika itu pun mengatakan akan segera menindaklanjuti permintaan para wakil rakyat tersebut. "Kami tidak keberatan, kalau memang itu aspirasi masyarakat, ya dibatalkan," ujar Hasanudin.

Menurut Hasanudin, Trio Macan semula akan didatangkan ke Bengkulu atas dukungan pihak sponsor alias tidak menggunakan dana pemerintah daerah.

Melalui surat elektronik yang sama, di luar masalah penolakan di Bengkulu itu, pihak manajemen Trio Macan juga menyampaikan kerisauan mereka atas munculnya trio-trio vokal lain yang, menurut mereka, melakukan kegiatan komersial dengan mendompleng secara ilegal nama Trio Macan. Pihak manajemen Trio Macan telah pula menempuh jalur hukum untuk berhadapan dengan pihak-pihak yang merugikan mereka itu. Mereka juga mengingatkan agar para penyelenggara acara memastikan bahwa yang mereka undang benar-benar Trio Macan yang asli, bukan trio-trio vokal lain yang memanfaatkan secara ilegal nama Trio Macan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com