Lagu Dicuri, STLA Band Tak Ambil Pusing

Kompas.com - 02/10/2013, 11:57 WIB
STLA Band KOMPAS.com/IRFAN MAULLANASTLA Band
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Tak bisa dipungkiri, ada saja pendatang baru, termasuk band, yang mencari sensasi atau kasus hukum untuk memperoleh popularitas. Namun, STLA Band, grup pop yang lahir pada 10 Oktober 2010 dengan nama Rumah Hati, mengaku tidak demikian.

"Kami tidak seperti itu. Kami mau dikenal lewat karya," ujar Abe (drum) sekaligus mewakili Andri (vokal), Dimas (bas), Reza (gitar), dan Ryan (gitar), dalam wawancara di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2013).

Contohnya, STLA Band memilih bersikap lunak ketika single mereka, "Kepikiran", yang baru mereka rilis, disebut-sebut telah dicuri dan juga dirilis oleh band lain dengan lirik yang sama dan durasi yang nyaris tidak berbeda.

"Lagu 'Kepikiran' itu yang bikin saya dan Ryan. Tadinya, band ini namanya Rumah Hati. Setelah beberapa kali ganti personel, kami akhirnya berjalan dengan nama STLA," terang Abe. "Di kantor manajemen kami ada kok surat dari HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) atas nama Ryan. Kalau di sana ada yang menyanyikan, merekam, kami enggak banyak komentar. Ini lagu STLA dan sudah dipatenkan atas nama Ryan," lanjutnya.

Meski memiliki bukti kuat, grup ini, yang menggunakan nama STLA Band mulai 2013, tak mau membawa masalah itu ke jalur hukum.

"Buat apa bawa ke jalur hukum? Kecuali bila benar-benar sudah merugikan, baru kami berpikir lagi. Sementara ini, kami hanya ingin dikenal lewat karya kami yang baru, 'Kepikiran'," tekan Abe.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.