NSJF Jadi Barometer Musik Jazz di Medan

Kompas.com - 05/10/2013, 15:18 WIB
|
EditorKistyarini
JAKARTA, KOMPAS.com - Perjuangan gigih artis musik Erucakra Mahameru lewat panji Waspada eMusic (WEM) berkolaborasi dengan IndieJazz untuk menjadikan North Sumatra Jazz Festival (NSJF) sebagai rumah baru yang nyaman bagi insan musik jazz Medan dan sekitarnya maupun nasional, mulai menjadi berbuah.

Hal itu tercermin pada sukses penyelenggaraan kali ketiga festival Jazz berskala nasional di Grand Aston Hotel Jalan Balaikota, Medan, Sumatera Utara, 13 September 2013 lalu. Suasana NSJF diklaim cukup menggembirakan, antusias, dan memukau lebih 600 penyuka jazz termasuk pengacara kenamaan OC Kaligis.

NSJF kali ini diramaikan oleh band tuan rumah Youth Jazz Community, Medan Funk, grup Suarasama (pimpinan Irwansyah Harahap), band C Man, serta pemusik dan penyanyi jazz Ibu Kota, Iwang Noorsaid, Sherly O, dan Dion "Idol".

"Alhamdulillah, kendati masih sulit menggandeng sponsor utama dan banyak mengandalkan dana dari kocek sendiri, berkat perjuangan gigih secara independen NSJF bisa terus terselenggara dengan sukses tiga tahun berturut-turut di Medan. Bahkan, kini mulai menjelma menjadi rumah baru yang nyaman bagi insan jazz Sumatera Utara maupun nasional," papar Erucakra selaku penggagas dan pemusik penampil NSJF di Jakarta, baru-baru ini.

Sementara itu, pemain keyboard sekaligus komposer kawakan Iwang Noorsaid mengungkapkan, sebagai rumah baru insan jazz nasional, NSJF memiliki potensi untuk menjadi barometer perkembangan musik Jazz se-Sumatera.

"Setelah tiga tahun berturut-turut sukses digelar, di Kota Medan dan sekitarnya kini banyak bermunculan penyanyi dan musisi jazz potensial berusia muda. Yang tak kalah penting apresiasi penonton jazz Medan sangat tinggi dan unik serta tak kalah dengan kota besar lain yang lebih pesat perkembangan musik jazznya," kata Iwang.

"Dukungan Gubernur dan Wali Kota harus segera ditindaklanjuti Erucakra dan Ibu Dewi Budiati selaku Panpel inti NSJF. Pasalnya, berdasarkan pengalaman mendatangkan bintang tamu Jazz mancanegara, biasanya akan lebih mudah bila difasilitasi Pemda Sumut," lanjut pentolan band Fusion Emerald BEX yang bersama Erucakra dan C Man menjadi magnet utama panggung NSJF.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X