Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NSJF Jadi Barometer Musik Jazz di Medan

Kompas.com - 05/10/2013, 15:18 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjuangan gigih artis musik Erucakra Mahameru lewat panji Waspada eMusic (WEM) berkolaborasi dengan IndieJazz untuk menjadikan North Sumatra Jazz Festival (NSJF) sebagai rumah baru yang nyaman bagi insan musik jazz Medan dan sekitarnya maupun nasional, mulai menjadi berbuah.

Hal itu tercermin pada sukses penyelenggaraan kali ketiga festival Jazz berskala nasional di Grand Aston Hotel Jalan Balaikota, Medan, Sumatera Utara, 13 September 2013 lalu. Suasana NSJF diklaim cukup menggembirakan, antusias, dan memukau lebih 600 penyuka jazz termasuk pengacara kenamaan OC Kaligis.

NSJF kali ini diramaikan oleh band tuan rumah Youth Jazz Community, Medan Funk, grup Suarasama (pimpinan Irwansyah Harahap), band C Man, serta pemusik dan penyanyi jazz Ibu Kota, Iwang Noorsaid, Sherly O, dan Dion "Idol".

"Alhamdulillah, kendati masih sulit menggandeng sponsor utama dan banyak mengandalkan dana dari kocek sendiri, berkat perjuangan gigih secara independen NSJF bisa terus terselenggara dengan sukses tiga tahun berturut-turut di Medan. Bahkan, kini mulai menjelma menjadi rumah baru yang nyaman bagi insan jazz Sumatera Utara maupun nasional," papar Erucakra selaku penggagas dan pemusik penampil NSJF di Jakarta, baru-baru ini.

Sementara itu, pemain keyboard sekaligus komposer kawakan Iwang Noorsaid mengungkapkan, sebagai rumah baru insan jazz nasional, NSJF memiliki potensi untuk menjadi barometer perkembangan musik Jazz se-Sumatera.

"Setelah tiga tahun berturut-turut sukses digelar, di Kota Medan dan sekitarnya kini banyak bermunculan penyanyi dan musisi jazz potensial berusia muda. Yang tak kalah penting apresiasi penonton jazz Medan sangat tinggi dan unik serta tak kalah dengan kota besar lain yang lebih pesat perkembangan musik jazznya," kata Iwang.

"Dukungan Gubernur dan Wali Kota harus segera ditindaklanjuti Erucakra dan Ibu Dewi Budiati selaku Panpel inti NSJF. Pasalnya, berdasarkan pengalaman mendatangkan bintang tamu Jazz mancanegara, biasanya akan lebih mudah bila difasilitasi Pemda Sumut," lanjut pentolan band Fusion Emerald BEX yang bersama Erucakra dan C Man menjadi magnet utama panggung NSJF.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com