Pernah Dilecehkan, Anoushka Tulis Lagu untuk Korban Pemerkosaan

Kompas.com - 06/10/2013, 16:41 WIB
Anoushka Shankar AFP PHOTOAnoushka Shankar
EditorAti Kamil
LONDON, KOMPAS.com -- Penyanyi serta pemain sitar, piano, dan tanpura berdarah India, Anoushka Shankar (32), mencipta lagu untuk mengenang mahasiswi yang menjadi korban pemerkosaan brutal di New Delhi, India, tahun lalu.

Seperti diketahui, seorang mahasiswi diperkosa beramai-ramai dalam bus pada 16 Desember 2012 ketika pulang dari menonton film di gedung bioskop. Tiga belas hari kemudian korban meninggal dunia akibat luka-luka yang dialaminya. Setidaknya empat orang tersangka pemerkosa telah dijatuhi vonis mati.

"Kisahnya adalah puncak dari jutaan kisah lain," kata Shankar kepada BBC Radio 4.

Shankar memutuskan untuk membicarakan pengalamannya yang telah direkam di rumahnya di London itu sebagai kampanye untuk mengenang para korban pemerkosaan.

"Sebelumnya saya tidak pernah merasa ini relevan di ranah publik, hingga saat itu datang dan saya berpikir, 'Sebentar, penting sekali bagi orang untuk menyadari hal ini bisa terjadi pada siapa pun, dimana pun'," kata istri dari sutradara Inggris Joe Wright ini lagi.

Shankar--yang merupakan putri pemain sitar kenamaan, mendiang Ravi Shankar, dan saudara tiri satu ayah dari vokalis AS Norah Jones--juga pernah mengalami pelecehan seksual oleh "seseorang yang dipercaya orangtuanya" ketika ia kecil.

"Ketika masih anak-anak saya mengalami pelecehan seksual dan emosional selama bertahun-tahun oleh orang yang sangat dipercaya oleh orangtua saya," kata Shankar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Shankar menambahkan, orang itu "meraba, menyentuh, dan melakukan pelecehan verbal" terhadap dirinya.

Lagu yang ditujukan bagi perempuan berusia 23 tahun yang menjadi korban pemerkosaan itu ada dalam album barunya, Traces of You. Ia mengatakan, lagu tersebut mencoba menangkap nuansa mengerikan dalam peristiwa itu.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.