Spirit Seni Etnik bagi Uli Herdinansyah

Kompas.com - 12/10/2013, 14:12 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Karya seni etnik Indonesia kini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban atau pekotaan yang bisa diterima berbagai kalangan, termasuk kaum muda. Pembawa acara dan artis peran Uli Herdinansyah sepakat akan hal yang akan disoroti oleh koreografer Rusdy Rukmarata dalam acara Ethnic for Urban itu.   

Uli mengatakan, batik yang diolah menjadi busana masa kini oleh Iwet Ramadhan dan tenun ikat oleh Didiet Maulana, merupakan salah satu contoh dari hal tersebut. Contoh lainnya yang juga disebutnya adalah drama tari Matah Ati karya sutradara Atilah Soeryadjaya.

Rusdy merupakan pembicara dan koreografer untuk Ethnic for Urban, sedangkan Uli menjadi pembawa acara tersebut. Acara itu akan diadakan di West Mall, Grand Indonesia, Jakarta, Sabtu ini (12/10/2013), dalam dua jadwal, mulai pukul 15.00 WIB dan 17.00 WIB.

Acara itu terdiri dari bincang-bincang oleh Rusdy sebagai pembicara dan pentas tari oleh EKI Dance Company dengan koreografi karya Rusdy.

Uli, yang telah membintangi antara lain film Naga Bonar Jadi 2 dan sejumlah drama musikal, pun sepakat dengan Rusdy, yang berpendapat bahwa diperlukan cara pandang yang luas dan lentur dalam mengartikan etnik.
 
"Etnik tidak melulu diartikan sebagai suku, karena dalam perjalanannya juga menyerap berbagai sumber lain, jadi jangan ragu untuk 'meminjam' inspirasi dari mana saja, termasuk dari negara lain," tutur Uli.

Uli mengaku pula bahwa hal itu memberi spirit bagi dirinya dalam berkarya. Dalam waktu dekat, Uli akan bekerja sama dengan Sa'unine String Orchestra,  orkestra dari Yogyakarta yang dipimpin oleh Oni Krisnerwintoa. Walau formatnya orkestra, Sa’unine String Orchestra juga mengolah dan membawakan musik-musik tradisional dari seluruh Indonesia.

"Kami sedang menggodok sebuah konsep (pertunjukan) untuk sebuah bank nasional. Bakal seperti apa, tunggu aja kejutan dari kami. Yang pasti tidak akan lepas dari 'napas' etnik Indonesia," tutur Uli lagi. (Iwan Seti)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.