Tiga Anak Rimba: Main Film Tak Sulit

Kompas.com - 13/11/2013, 14:20 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Bungo, Negkabau, dan Beinda, tiga anak dari Suku Anak Dalam di hutan Bukit Dua Belas, Jambi, diajak oleh sutradara Riri Riza dan produser Mira Lesmana untuk ambil bagian dalam film Sokola Rimba (2013). Mereka mengaku tak mengalami kesulitan karena bermain sebagai diri sendiri.

"Suka, tidak susah, biasa-biasa saja," ucap Bungo singkat dalam wawancara di Epicentrum, Kuningam, Jakarta Selatan, Selasa (12/11/2013).

Menurut Mira, mereka bermain film tanpa bayaran uang, karena uang bukan merupakan alat tukar utama bagi Suku Anak Dalam.

"Bayaran buat Orang Rimba bukan sekadar uang. Sangat sulit dijelaskan, tapi mereka tidak seperti kita. Hari yang hilang ketika main film akan kita ganti salah satunya dengan kain yang dinilai sangat berharga," terang Mira.

Riri juga menjelaskan, mengajak para pemain lokal bukan berarti untuk mengorbitkan mereka menjadi artis peran. Riri melibatkan mereka untuk lebih menghayati cerita.

"Ketika bekerja dengan aktor lokal, kita menyerap cerita mereka, enggak diubah jadi pemain. Di film saya, mereka menceritakan ceritanya sendiri," tekan Riri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.