Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Paul Walker, Tak Ada Masalah Teknis dan Halangan di Jalan

Kompas.com - 19/12/2013, 08:53 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AP

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Penyidik menyatakan tak ada bukti ada masalah teknis pada mobil Porsche Paul Walker sebelum kecelakaan yang menewaskan bintang film Fast and Furious tersebut.

Penyelidikan juga mengesampingkan kemungkinan ada puing atau kondisi jalan yang buruk sebagai penyebab lain kecelakaan. Kecelakaan terjadi pada 30 November 2013. Saat kecelakaan, Walker duduk di kursi penumpang mobil Porsche Carrera GT keluaran 2005 miliknya.

Mobil terbakar hebat setelah terbanting keluar jalur kemudian menabrak tiang lampu dan pohon. "Kami sedang meneliti masalah kecepatan dan kecepatan saja," kata salah satu petugas investigasi kecelakaan ini, yang mensyaratkan anonimitas terkait penyidikan, Rabu (18/12/2013).

Saat kecelakaan mobil Walker dikemudikan teman dan penasihat keuangannya, Roger Rodas (38). Rodas adalah pebalap profesional yang masih berlaga di 10 Pirelli World Challenge GTS pada tahun ini.

Untuk mengetahui kecepatan mobil Walker, penyidik dan Sherif County Los Angeles masih menunggu kedatangan insinyur dari Porsche. Teknisi itu dijadwalkan baru bulan depan datang ke California untuk menggarap bangkai mobil Walker.

Para penyidik tidak akan mengungkapkan perkiraan kecepatan mobil saat kecelakaan. Namun, perkiraan kecepatan itu dapat dihitung dengan rumus tertentu.

"Dihitung memakai rumus yang menggunakan variabel seperti lengkungan jejak ban di tempat kejadian dan seberapa baik cengkeraman ban ke jalan," kata Chris Kauderer, ketua Asosiasi Spesialis Rekonstruksi Kecelakaan California.

Kantor Sherif County Los Angeles menyatakan batas maksimal kecepatan di wilayah itu adalah 48 kilometer per jam. Meskipun mobil Walker terbakar habis, tiga alat perekam data di dalam mobil selamat.

Bila dapat digunakan, perekam data itu akan menginformasikan apakah sabuk pengaman dipakai, kantong udara bekerja setelah benturan, dan diinjak atau tidaknya pedal rem sebelum tabrakan. Karena mobil Walker adalah edisi terbatas, penyidik butuh bantuan dari teknisi Porsche untuk mengambil data tersebut.

Para penyidik juga sudah meminta bantuan spesialis rekonstruksi kecelakaan dari patroli tol California. Mereka menguji rem dari bangkai mobil Walker dan mendapatkan pula bahwa salah satu ban yang terpasang merupakan produksi 2004. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com