Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/12/2013, 17:40 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Natal berarti waktu keluarga. Itulah sebabnya, liburan Natal selalu dihabiskan Pongki (36) bersama keluarga besarnya maupun keluarga besar istri.

Tahun ini, hari Natal dirayakan di Yogyakarta bersama ibunda Pongki. Pongki dan istrinya, Sophie Navita, serta anak-anak mereka akan berada di Kota Gudeg selama empat hari. Sebelum berangkat, mereka merayakan Natal bersama keluarga besar Sophie di Jakarta. Acaranya tukar kado dan makan bersama.

"Biasanya kami Natalan di Malang. Semenjak Ayah tidak ada, tiga tahun terakhir kami merayakan Natal di Yogyakarta," kata Pongki, yang juga personel grup musik The Dance Company, beberapa waktu lalu.

Selain merayakan Natal, Pongki biasanya memanfaatkan kepulangannya ke Yogyakarta untuk nostalgia masa kecil. Tidak lupa ia bercerita mengenai tempat-tempat yang menjadi saksi sejarah kehidupannya, misalnya gereja, sekolah, lokasi manggung, hingga teman-teman masa mudanya. Pongki dibesarkan di Yogyakarta.

"Sejak kecil hingga sekarang punya anak sendiri, makna yang saya tangkap dari Natal ke Natal adalah nilai-nilai keluarga, selain makna religi. Keluarga itu akar kita, tempat kita pulang," kata Pongki.

Untuk sang istri, Pongki menyiapkan hadiah khusus yang akan diberikan saat tukar kado. Sebelum tukar kado yang diselenggarakan di keluarga Sophie, mereka melakukan semacam pengundian sehingga sudah ditentukan siapa memberikan kado untuk siapa. (EKI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com