Klip Video Dicuplik Grammy Awards 2014, GAC Bangga - Kompas.com

Klip Video Dicuplik Grammy Awards 2014, GAC Bangga

Kompas.com - 03/02/2014, 17:10 WIB
Dok Sony Music Entertainment Indonesia Trio musik GAC
JAKARTA, KOMPAS.com -- Klip video trio musik GAC (Gamaliel, Audrey, dan Cantika) membawakan "Mirrors" (2013), lagu yang dicipta dan dinyanyikan oleh Justin Timberlake, telah ditayangkan dalam pergelaran Grammy Awards 2014. Klip video itu menjadi ilustrasi ketika "Mirrors" dari Timberlake disebut sebagai nomine Best Pop Solo Performance, dalam perhelatan itu di Staples Center, Los Angeles, California, AS, 26 Januari 2014 waktu setempat.

Kepada hai-online.com, Kamis lalu (30/1/2014), GAC mengungkapkan bahwa mereka tidak diberi tahu oleh pihak penyelenggara Grammy Awards 2014, baik sebelum maupun sesudah perhelatan itu, berkait dengan penayangan klip video tersebut. Namun, mereka mengaku bangga, karena dengan klip video yang bisa ditonton di mana-mana melalui YouTube itu mereka bisa berkontribusi dalam pentas penghargaan industri musik dunia yang bergengsi tersebut.

Diungkapkan pula oleh GAC, mereka sedang tidak berkumpul ketika pergelaran Grammy Awards 2014 ditayangkan langsung. Gamal tengah di rumah, Audrey lagi asyik tidur di kamarnya, dan Cantika sedang berada di jalan. Mereka mengetahui hal itu dari orang-orang lain.

"Seneng banget, kaget sih, enggak nyangka GAC yang terpilih, padahal banyak banget yang bikin video 'Mirrors'," kata Audrey bersemangat. "Aku dikasih tahu orang-orang, padahal lagi tidur. Pertama tahunya di (media sosial) Path. Orang-orang ramai banget ngomongin dan terus ngasih tahu aku," katanya lagi.

Menurut Gamal, klip video "Mirrors" versi mereka termasuk lambat ia unggah ke YouTube dengan akun Gamal1998.

"Kita (kami) juga enggak tahu bisa terpilih. Karena, yang (bikin) cover (version) lagu itu udah banyak dan hitungannya kita malah telat bikin cover. Tapi, kita bersyukur, video kita yang terpilih," ucap Gamal.

Menurut Gamal pula, klip video itu mereka garap dalam waktu singkat saja. Tak butuh sebulan atau seminggu, cukup dua hari saja.

"Nyiapin lagu 'Mirrors' itu cuma selama dua harian. Konsep videonya sih kayak kebanyakan youtubers pakai. Soal shot-nya, dibantu teman kita yang ahli. Kenapa kita terpilih? Enggak tahu juga kenapa kita terpilih," jelas Gamal.

Bagaimana dengan Cantika yang cukup aktif di media sosial? Begitu tahu klip video tersebut ditayangkan dalam perhelatan Grammy Awards 2014, Cantika langsung nge-tweet.

"Gue masih enggak percaya kalau video cover GAC muncul di Grammy Awards sebagai visualnya. Walau pun cuma sekelebat, tapi gue bangga sama GAC," kicau pemilik akun @AbigailCantika ini.

Melihat bukti-bukti yang ada, mereka pun sepakat bangga bisa menjadi bagian dari Grammy Awards 2014. "Kreatif aja, kok bukan video artisnya, tapi video cover-nya," tambah Audrey, masih dengan nada tak percaya.

Kompas juga memberitakan, Cantika menghitung setidaknya sudah lima klip video lagu "barat" diunggah oleh Gamal ke YouTube.

”Kalau kami menyanyikan lagu Indonesia, akan banyak warga di negara lain tak tahu lagunya,” ujar Cantika.

Usaha mereka tak sia-sia. Tahun lalu, kelompok yang terbentuk pada 2008 itu diundang ke Singapura untuk tampil sebagai artis YouTube bersama artis-artis dari Hongkong, AS, negara-negara lain.


PenulisAti Kamil
EditorAti Kamil

Close Ads X