"12 Years a Slave" Film Terbaik Oscar 2014

Kompas.com - 03/03/2014, 14:45 WIB
|
EditorTri Wahono

LOS ANGELES, KOMPAS.com
— Film 12 Years a Slave diumumkan sebagai pemenang Best Picture alias film terbaik Academy Awards atau Oscar 2014 setelah unggul dari American Hustle, Captain Phillips, Dallas Buyers Club, Gravity, Her, Nebraska, Philomena, dan The Wolf of Wall Street.

Kemenangan 12 Years a Slave ini menjadi klimaks acara yang digelar di Dolby Theatre, Hollywood, AS, Minggu (2/3/2014) waktu setempat, atau Senin (3/3/2014) pagi waktu Indonesia.

Sebelumnya, film Gravity yang dibintangi Sandra Bullock sempat mendominasi penghargaan dengan perolehan tujuh piala Oscar, yaitu Best Visual Effects, Sound Editing, Sound Mixing, Cinematography, Film Editing, Original Score, dan Best Directing.

Namun, keperkasaan Gravity di perhelatan Oscar ke-86 ini berhasil dipatahkan 12 Years a Slave setelah aktor kenamaan Will Smith mengumumkan bahwa film yang dibintangi aktor asal Inggris, Chiwetel Ejiofor, tersebut keluar sebagai pemenang Best Picture.

"Teman-teman di belakangku ini adalah faktor keberhasilan ini," kata aktor kawakan asal AS, Brad Pitt, selaku produser film tersebut dalam pidato kemenangannya.

Disutradarai Steve McQueen, 12 Years a Slave merupakan film drama epik yang diproduksi pada 2013. Film ini merupakan adaptasi memoar karya Solomon Northup dengan judul yang sama, yang mengisahkan kehidupan seorang budak kulit hitam yang bekerja di perkebunan negara bagian Louisiana selama 12 tahun sebelum pembebasannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.