Kecap Penyelamat Olga Lydia

Kompas.com - 06/04/2014, 19:33 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Lidah Olga Lydia (37) sulit berpisah dari kecap! Cairan hitam kental dan manis mengilap itu hampir selalu hadir dalam menu makanannya.

"Makan sayur lodeh, sambal krecek gudeg, atau makan sambal yang terlalu pedas, pasti dikecapin, deh," ujar Olga.

Pernah ada masanya Olga shooting sebuah acara di sebuah rumah makan padang yang jarang menyediakan kecap. Olga tak kehabisan akal. Ia selalu sedia kecap di mobilnya.

"Saya kalau makan rendang atau balado pasti plus kecap, ha-ha-ha...," tutur Olga berderai-derai, Sabtu (5/4/2014), di Jakarta.

Olga menuduh lidah "Jawa-nya" yang membuat dia menggemari rasa manis dari kecap. Ayah Olga dari Semarang dan ibunya asal Jombang.

"Sewaktu SMA dan masih membawa bekal ke sekolah, pasti di dalam tas selalu ada kecap," kata Olga.

Kecap merupakan saus yang selalu paling cepat habis di rumah.

"Kalau di rumah sedang darurat, hanya ada nasi putih dan abon, asal ada kecap rasanya sudah enak sekali," ujarnya.

Menurut Olga, kecap manis itu penyelamat rasa dan paling pas dengan makanan Indonesia. Kalau ke luar negeri, ia tidak perlu repot-repot membawa kecap.

"Kecap manis beda dengan kecap asin yang banyak disajikan dengan makanan Tionghoa atau Asia lainnya. Kecap manis itu Indonesia banget," ujarnya.

Ini enggak ngecap, kan? (INE)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.