Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Idris Sardi Bisa Membentak Muridnya, Kata Dorce

Kompas.com - 28/04/2014, 18:38 WIB
Irfan Maullana

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com -- Artis peran Dorce Gamalama menilai, mendiang Idris Sardi (75) memiliki karakter tegas dalam mengajar musik. Tanpa segan, kata Dorce, sang pemain biola dan pencipta lagu legendaris, bisa membentak muridnya.

"Dia tegas, enggak suka main-main, karena dia didikan Belanda ya. Kalau sudah di studio dia enggak suka main-main. 'Kamu bisa nyanyi enggak? Kalau bisa yang bener dong'," cerita Dorce dalam wawancara ketika jenazah Idris dishalatkan di Masjid Al Hidayah, Perumahan Bumi Cimanggis Indah, Jalan Raya Pekapuran, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Senin (28/4/2014).

Menurut Dorce, guru vokal Bertha, yang selama ini dikenal galak ketika mengajar, belum seberapa jika dibanding dengan Idris.

"Kalau anak zaman sekarang yang ikut audisi nyanyi itu beruntung ketemunya sama Bertha. Kalau ketemunya Om Idris, bakal 'habis' sudah," tutur Dorce.

Dorce juga mengenal ayah dari mantan artis cilik Santi Sardi, artis peran Lukman, dan Ajeng itu sebagai sosok yang religius.

"Dia sekarang pakai sarung ya. Belakangan Om Idris lebih religius, karena dia sempat mondok (belajar di pesantren). Pernah saya ledekin, 'Om, kok pakai sarung kayak anak pesantren'," ceritanya lagi. "Jadi, saya sudah kenal Om Idris dari umur saya sembilan tahun," tambahnya.

Kepergian Idris untuk selamanya membuat Dorce kaget.

"Begitu dapat kabar, saya enggak percaya, karena belum ketemu Lukman. Terus, saya SMS Santi, ternyata memang benar. Memang, saya sudah lama enggak ketemu, tapi dia pernah bikinin lagu buat saya, lagu untuk film Dorce Ketemu Jodoh," ujar Dorce.

Idris mengembuskan napas terakhirnya pada Senin (28/4/2014), pukul 07.25 WIB, di Rumah Sakit Meilia Cibubur, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Jenazahnya dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Menteng Pulo, Jakarta Selatan, pada Senin sore.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com