Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Jerman Soroti Baju Ahmad Dhani yang Mirip Seragam Pemimpin Nazi

Kompas.com - 25/06/2014, 07:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Media online berbahasa Jerman, Spiegel, menyoroti pemunculan simbol-simbol yang menyerupai identitas Nazi dalam perhelatan politik Indonesia. Salah satu sorotan tersebut tertuju kepada pakaian yang dikenakan oleh musisi Ahmad Dhani dalam video lagu dukungan untuk pasangan calon presiden-wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Dhani tampil bersama tiga finalis Indonesia Idol, membawakan lagu modifikasi dari "We Will Rock You" milik Queen. Lagu modifikasi tersebut diberi judul "Prabowo-Hatta: We Will Rock You". Dalam video lagu itu, Dhani mengenakan mantel hitam, dengan dua kantong di dada, tanda pangkat, dan emblem di kerah.

Menurut Spiegel, pakaian Dhani ini mirip dengan seragam para pemimpin Nazi. Pakaian ini disebut secara spesifik menyerupai jaket seragam pemimpin Nazi, Heinrich Himmler. Kemiripan tersebut diperkuat dengan pemasangan emblem merah pada kerah dan saku dada.

Dalam tulisan berjudul "Indonesien: Wahlkampf in Himmlers SS-Uniform", Spiegel menulis simbol rezim Nazi ini terlihat sengaja dipakai di Indonesia untuk mempertontonkan kekuatan militer dan efisiensi pemerintahan.

Selain menyoroti penampilan Dhani, media ini pun menyinggung penggunaan simbol Nazi di Indonesia yang bahkan terlihat di sebuah kafe di Kota Bandung, Jawa Barat, yang semua pelayannya memakai seragam Nazi, serta toko buku yang menjual pernak-pernik simbol Nazi.

Artis musik Anggun Cipta Sasmi (40), melalui akun twitternya @Anggun_Cipta, mengungkapkan kekecewaannya pada Dhani (baca: Ahmad Dhani Kenakan Kostum Mirip Seragam Nazi, Anggun C Sasmi Kecewa). 

Bukan Anggun saja yang merasa kecewa. Glenn Fredly pun demikian. Sebagaimana Anggun, Glen juga mengungkapkan kekecewaannya melalui akun Twitter @GlennFredly (baca: Glenn Fredly: Ahmad Dhani Berhasil Permalukan Diri Sendiri).

Menanggapi sejumlah pernyataan tersebut, Ahmad Dhani memberikan jawaban juga melalui akun twitter, @AHMADDHANIPRAST (baca: Ahmad Dhani Tanggapi Mereka yang Menyebutnya Fasis)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com