Alumnus SMA 3 Jakarta, Addie MS Kecam Dugaan "Bullying" dalam Kematian Arfiand

Kompas.com - 25/06/2014, 08:50 WIB
Addie MS bersama Memes sehabis menonton Tony Bennett Live in Concert di Ballroom The Ritz-Carlton Hotel, Pacific Place, Jakarta, 13 September 2013. KOMPAS.com/IRFAN MAULLANAAddie MS bersama Memes sehabis menonton Tony Bennett Live in Concert di Ballroom The Ritz-Carlton Hotel, Pacific Place, Jakarta, 13 September 2013.
Penulis Nadia Zahra
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com - Konduktor dan komposer Indonesia, Addie Muljadi Sumaatmadja alias Addie MS, mengecam dugaan penganiayaan yang menyebabkan meninggalnya siswa kelas X-IPA A SMA 3 Jakarta, Arfiand Caesar Al Irhami (16). Addie adalah alumnus SMA ini dari angkatan 1979.

"Menurut saya, bullying adalah tindakan pengecut orang bernyali kecil yang beraninya sama yang lemah, biasanya bertindak keroyokan. Biar saja aib ditanggung seumur hidup oleh si pelaku. Sungguh kejadian ini sangat memalukan nama baik sekolah," ungkap Addie melalui pesan singkat, Selasa (24/6/2014).

Suami dari penyanyi Memes ini mengatakan penganiayaan tak pernah terjadi dalam kegiatan jelajah alam Sabhawana, saat dia bersekolah di sana. "Meski saya tidak ikut grup pecinta alam, tapi saya suka mendaki gunung juga. Saat di SMA 3 dulu, tidak pernah ada kejadian seperti itu," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, Arfiand meninggal pada Jumat (20/6/2014) di Rumah Sakit MMC, Kuningan Jakarta Selatan. Sebelum meninggal, dia baru saja mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kepecintaalaman selama sepekan di Gunung Tangkuban Parahu, Bandung, Jawa Barat.

Hasil otopsi mendapati sejumlah lebam di jasad Arfiand. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto, Selasa, mengatakan, "Sejauh ini hasil forensik polisi telah terjadi tindak kekerasan kepada korban, yang menyebabkan luka lebam akibat benda tumpul pada bagian perut."Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.