Ahmad Dhani: Saya Enggak Fasis

Kompas.com - 26/06/2014, 07:36 WIB
Artis musik Ahmad Dhani memberi sambutan pada acara Deklarasi Gerakan Muda (Gema) Indonesia untuk Prabowo-Hatta di Rumah Polonia, Jakarta, Rabu (21/5/2014). Gema Indonesia mendukung pemenangan pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa pada Pemilihan Presiden 2014. Artis musik Ahmad Dhani memberi sambutan pada acara Deklarasi Gerakan Muda (Gema) Indonesia untuk Prabowo-Hatta di Rumah Polonia, Jakarta, Rabu (21/5/2014). Gema Indonesia mendukung pemenangan pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa pada Pemilihan Presiden 2014.
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com — Musisi Ahmad Dhani menyatakan dia bukan penganut fasisme. Dia pun meminta selera fashion-nya tidak seketika diartikan sebagai aliran ideologinya.

"Saya enggak mungkin (menganut) fasisme. Kalau (menyukai) fashion-nya, ya," kata Dhani dalam wawancara di Studio IV RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (25/6/2014) malam.

Tudingan soal aliran ideologi Dhani ini mencuat setelah pilihan pakaian yang dia kenakan dalam video lagu "Prabowo-Hatta: We Will Rock You" dikecam karena mirip seragam petinggi militer Nazi, Heinrich Himmler. "Saya tahu yang merancangnya itu Hugo Boss," imbuh Dhani soal baju itu.

Dhani mengakui menyukai pakaian-pakaian berbau militer. Selain punya banyak versi pakaian bernuansa militer, Dhani mengaku bukan kali ini saja mengenakan baju mirip seragam militer Nazi tersebut.

Menurut Dhani, semestinya rekan-rekan seprofesinya tak perlu terburu-buru menghakimi dia dengan tudingan fasis hanya karena pilihan baju di video lagu itu. "Menurut saya, mereka ini terlalu serius menanggapi Ahmad Dhani. Ahmad Dhani kok ditanggapi serius, iya kan?"

Pernyataan Dhani mendapat dukungan dari koleganya, Bebi Romeo. "Enggaklah, Dhani mana mungkin fasis. Dia masih main sama anak-anaknya, mana mungkin sambil main itu dia tiba-tiba berubah jadi Hitler, jadi Himmler, enggak kan," ujar Bebi di lokasi yang sama.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.