Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astrid Tiar Tak Kapok Hamil

Kompas.com - 13/07/2014, 15:17 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Bagi Astrid Tiar (27), kehamilan adalah perjuangan heroik. Setahun lalu, kehamilan pertamanya bisa dibilang cukup mempertaruhkan keselamatan. Namun, model iklan itu pantang menyerah. Di usia kandungan enam bulan, Astrid menderita preeklampsia, semacam kelainan darah tinggi pada ibu hamil. Penyakit ini menjadi salah satu penyebab utama kematian pada kehamilan.

"Saya lalu harus makan banyak supaya bayi tetap mendapat nutrisi. Akibatnya, bobot tubuh saya sampai bengkak, 104 kilogram," kenang Astrid. Akhirnya, bayi perempuannya lahir dengan selamat dan normal pada Januari 2013.

"Pemulihanku lama sekali. Fisik udah enggak sekuat dulu lagi. Berbulan-bulan setelah melahirkan, aku baru bisa pakai hak tinggi karena keseimbanganku terganggu," kata Astrid, yang kini sudah berangsur-angsur pulih kesehatannya walaupun membutuhkan waktu lama.

Astrid toh tak kapok hamil. Kini dia sedang menjalani program untuk kehamilan berikutnya. Padahal, jika hamil lagi ada kemungkinan dia terkena preeklampsia.
"Enggak apa, usaha dulu. Aku enggak mau jarak kakak sama adiknya terlalu jauh. Aku dulu waktu kecil soalnya pengin banget punya adik," kata bungsu dari empat bersaudara ini.

Astrid rupanya benar-benar perempuan Batak yang tangguh! (SF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com