Astrid Tiar Tak Kapok Hamil

Kompas.com - 13/07/2014, 15:17 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Bagi Astrid Tiar (27), kehamilan adalah perjuangan heroik. Setahun lalu, kehamilan pertamanya bisa dibilang cukup mempertaruhkan keselamatan. Namun, model iklan itu pantang menyerah. Di usia kandungan enam bulan, Astrid menderita preeklampsia, semacam kelainan darah tinggi pada ibu hamil. Penyakit ini menjadi salah satu penyebab utama kematian pada kehamilan.

"Saya lalu harus makan banyak supaya bayi tetap mendapat nutrisi. Akibatnya, bobot tubuh saya sampai bengkak, 104 kilogram," kenang Astrid. Akhirnya, bayi perempuannya lahir dengan selamat dan normal pada Januari 2013.

"Pemulihanku lama sekali. Fisik udah enggak sekuat dulu lagi. Berbulan-bulan setelah melahirkan, aku baru bisa pakai hak tinggi karena keseimbanganku terganggu," kata Astrid, yang kini sudah berangsur-angsur pulih kesehatannya walaupun membutuhkan waktu lama.

Astrid toh tak kapok hamil. Kini dia sedang menjalani program untuk kehamilan berikutnya. Padahal, jika hamil lagi ada kemungkinan dia terkena preeklampsia.
"Enggak apa, usaha dulu. Aku enggak mau jarak kakak sama adiknya terlalu jauh. Aku dulu waktu kecil soalnya pengin banget punya adik," kata bungsu dari empat bersaudara ini.

Astrid rupanya benar-benar perempuan Batak yang tangguh! (SF)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.