Jay Subiyakto Sampaikan Pesan lewat Mural Wajah Wiji Thukul

Kompas.com - 20/07/2014, 12:01 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara klip video, penata artistik, fotografer, dan produser konser Jay Subiyakto (53) membuat mural wajah sastrawan dan aktivis peduli masalah kemanusiaan Wiji Thukul serta tulisan "Masih ingat saya Jendral?" pada latar belakang panggung dalam rangkaian acara seni 7 Hari untuk Kemenangan Rakyat, yang diadakan di Teater Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 17-23 Juli 2014.

Arsitek berambut gondrong ini menyampaikan pesan melalui mural wajah lelaki yang hilang pada 1998 dan hingga kini tak kembali itu serta tulisan "Masih ingat saya Jendral?".

"Mural ini untuk mengingatkan. Kan anak muda pasti akan nanya, ini siapa sih. Saya pikir, sejarah itu perlu supaya orang itu tahu," terang Jay usai acara seni 7 Hari untuk Kemenangan Rakyat, di Teater Salihara, Kamis malam lalu (17/7/2014).

"Jadi, Wiji Thukul ini kan seniman, tapi kenapa dia ikut dibasmi juga 1998?  Dan, kalau saya baca kisah hidupnya, kasihan juga, dia lari-lari, enggak punya uang. Dan, memang kekuatannya di kata-kata dia. Tumben, rezim ketika itu takut sekali dengan puisi dia yang menurut saya sangat original dan tidak ikut siapa-siapa. Menurut saya, dia sangat kuat, sampai ada pergerakan ketika itu dan dia sampai dihilangkan," jelas Jay.

Mengacu ke agenda acara seni tersebut, enam seniman akan ikut melukis pada latar berlakang panggung 7 Hari untuk Kemenganan Rakya untuk melengkapi mural yang dibikin oleh Jay.

"Ini (back ground panggung) nanti akan penuh semua," kata Jay.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.