Riri Riza Siap Ditantang Jokowi

Kompas.com - 23/07/2014, 14:16 WIB
Sutradara Riri Riza hadir pada acara pemutaran perdana film Atambua 39 Derajat Celcius di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (5/11/2012). Untuk film yang mengambil setting di perbatasan Indonesia-Timor Leste itu, Riri  menjadi penulis dan sutradara serta bekerja sama dengan Mira Lesmana sebagai produser. KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNASutradara Riri Riza hadir pada acara pemutaran perdana film Atambua 39 Derajat Celcius di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (5/11/2012). Untuk film yang mengambil setting di perbatasan Indonesia-Timor Leste itu, Riri menjadi penulis dan sutradara serta bekerja sama dengan Mira Lesmana sebagai produser.
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Riri Riza (43) menaruh harapan akan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Muhammad Jusuf Kalla (JK), presiden dan wakil presiden terpilih dalam Pemilu Presiden 2014. Ia ingin Jokowi-JK bisa memerhatikan industri film Tanah Air. Sebagai sutradara, penulis skenario, dan produser film, Riri melihat banyak rekan seniman yang siap memberi seluruh potensi mereka jika didukung oleh pemerintah.

"Film itu akan menjadi cermin bagi jalannya kehidupan sebuah bangsa. Jelas sekali, kalau Pak Jokowi menjalankan pemerintahan dengan baik, pasti dunia film mendapatkan dorongan untuk jadi lebih baik. Kalau pemerintah beri ruang lebih baik dan kondusif, potensi akan lebih baik. Banyak produser, sutradara, dan penulis punya kesiapan untuk ditantang demi pengembangan film lebih baik," papar Riri dalam wawancara oleh Kompas.com melalui telepon, Rabu (23/7/2014).

Banyak aspek dari industri film, menurut Riri, yang bisa lebih diperhatikan oleh pemerintah mendatang.

"Dari segi teknis, memberikan beasiswa bagi yang berbakat. Dari segi industri, memberikan keringanan pajak bagi para investor di dunia film. Dari distribusi, supaya memberi jalan agar karya bisa dipertunjukan lebih luas," harap Riri.

Untuk jangka panjang, produser film Pendekar Tongkat Emas ini juga ingin Jokowi bisa membangun pusat budaya di setiap provinsi.

"Setiap provinsi diberikan pusat kebudayaan yang bisa menampilkan pertunjukan dan pemutaran film, sehingga film-film yang tidak bertahan cukup lama di bioskop komersial bisa diputar di sana," harap Riri lagi.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X