Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Popeye Si Pelaut, Langkah Awal Robin Williams di Layar Lebar

Kompas.com - 12/08/2014, 15:19 WIB
Irfan Maullana

Penulis

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Artis multi talenta kelahiran Chicago, Illinois, AS, pada 21 Juli 1951, Robin McLaurin Williams (63) atau Robin Williams meninggal dunia di kediamannya di bagian utara California, AS, pada 11 Agustus 2014 waktu setempat. Ia diduga bunuh diri. Dicatat oleh Wikipedia, Williams, yang sebelumnya tampil dalam film-film televisi, mengawali kariernya sebagai aktor dalam industri film layar lebar dengan bermain dalam film Popeye pada 1980. Setelah itu Williams bersinar lewat film-film yang melibatkannya sebagai pemain atau pengisi suara, antara lain Hook, Aladdin, Jumanji, Night at the Museum, dan Happy Feet.

Popeye (1980) merupakan debut Williams di layar lebar dunia. Dalam film yang disutradarai oleh Robert Altman itu, Williams berperan sebagai Popeye The Sailor Man, bersama Shelley Duvall sebagai Olive Oyl. Popeye diputar perdana pada 6 Desember 1980 di Los Angeles, California, dengan hasil pencapaian box office yang mengecewakan.

Dikisahkan dalam film tersebut, Popeye yang pelaut itu berlabuh di sebuah kota kecil bernama Sweethaven dengan tujuan mencari ayahnya yang hilang. Di sana Popeye langsung terkenal berkat kekuatannya setelah memakan bayam.

Berikutnya, Williams unjuk gigi dalam film petualangan fantasi Hook (1991), yang diproduksi oleh sutradara Steven Spielberg bersama penulis naskah James V Hart dan Malia Scotch Marmo. Dalam film keluarga itu, Williams berperan sebagai Peter Pan atau Peter Banning, sementara Dustin Hoffman berperan sebagai musuh Peter Pan yang terkenal, Captain Hook, Julia Roberts sebagai Tinker Bell, Bob Hoskins sebagai Smee, Maggie Smith sebagai Granny Wendy, Caroline Goodall sebagai Moira Banning, dan Charlie Korsmo sebagai Jack Banning.

Film itu merupakan sekuel novel Peter and Wendy karya J M Barrie, yang dirilis pada 1911 dengan fokus cerita mengenai Peter Pan, yang tumbuh dewasa sebagai pengacara Peter Banning di dunia nyata, sehingga ia melupakan masa kecilnya di negeri fantasi Neverland. Spielberg mulai mengembangkan film tersebut pada awal 1980-an bersama rumah-rumah produksi ternama Walt Disney Productions dan Paramount Pictures, yang telah merangkai alur ceritanya sejak 1924 dalam konsep film bisu dan animasi film pada 1953.

Setelah dirilis pada 1991, Hook banyak mendapat kritik negatif, kendati secara komersial berhasil bertengger di box office ketika itu dan dinominasikan untuk lima penghargaan pada Academy Awards ke-64.

Sukses dengan Hook, setahun kemudian Williams melebarkan kariernya sebagai pengisi suara film animasi musikal Aladdin (1992), yang disutradarai oleh John Musker bersama Ron Clements, serta diproduksi Walt Disney Feature Animation dan dirilis Walt Disney Pictures. Aladdin merupakan film animasi ke-31 karya Walt Disney Animated Classics, yang kisahnya diadaptasi dari dongeng Aladdin dan Lampu Wasiat.

Sebagai pengisi suara, Williams berperan sebagai Genie atau jin penunggu lampu wasiat yang ditemukan oleh Aladdin. Aladdin dirilis pada 25 November 1992 dengan mendapat komentar positif dari para pengamat film sebagai film layar lebar tersukses pada tahun tersebut setelah meraup keuntungan lebih dari 217 juta dollar AS di AS dan lebih dari 504 juta dollar AS di seluruh dunia.

Film itu juga meraih berbagai penghargaan berkat lagu-lagunya, yaitu penghargaan Academy Award untuk kategori Best Original Score dan Golden Globe Award untuk kategori Best Original Score karya komposer Alan Menken. Selain itu, musik dalam film Aladdin juga masuk dalam nominasi BAFTA Award untuk kategori Best Film Music. Menken juga meraih Academy Award untuk kategori Best Original Song, Golden Globe Award untuk kategori Best Original Song, dan Grammy Award untuk kategori Song of the Year untuk lagu "A Whole New World". Kesuksesan lainnya, dari data yang tercatat hingga April 2014, album lagu tema film Aladdin menjadi album dengan penjualan terlaris dengan jumlah 2.481.000 copy di Amerika Serikat.

Berikutnya, ia tak menjadi aktor dan pengisi suara film animasi saja. Ia menjadi asisten produser untuk film komedi Mrs Doubtfire, yang dirilis pada 1993. Dalam film tersebut, Williams embintangi karakter utama novel Alias Madame Doubtfire karya Anne Fine. Film itu disutradarai oleh Chris Columbus dan didistribusikan oleh perusahaan film raksasa 20th Century Fox.

Film itu berhasil meraih Academy Award untuk kategori Best Makeup serta diposisikan pada nomor urut ke-67 sebagai film terlucu sepanjang abad ke-20 dalam American Film Institute's 100 Years, 100 Laughs: America's Funniest Movies, dan juga bertengger di posisi nomor 40 dalam Bravo's 100 Funniest Movies of All Time.

Film itu berkisah tentang Daniel Hillard (Robin Williams) sebagai aktor pengisi suara bertalenta sekaligus pengangguran yang tinggal di San Francisco, California. Dengan statusnya yang seperti itu, Hillard berusaha mendapatkan hak asuh ketiga anak mereka, yaitu Lydia (Lisa Jakub), Chris (Matius Lawrence), dan Natalie (Mara Wilson), ketika istrinya, Miranda (Sally Field), meminta cerai.

Dalam sidang pertama perceraian mereka, hakim memberi Miranda hak asuh anak dengan alasan tempat tinggal Hillard tidak cocok untuk anak-anak mereka dan Hillard tak memiliki pekerjaan tetap. Hillard mencoba segala usaha, termasuk dengan menyamar menjadi Mrs Doubtfire, demi bisa mengasuh anak-anak mereka.

Berikutnya, ada Jumanji (1995), film petualangan fantasi garapan sutradara Joe Johnston, yang mengadaptasi buku cerita anak berjudul sama, karya Chris Van Allsburg, yang dirilis pada 1981. Dalam film tersebut Williams berperan sebagai Alan Parrish, pria yang 12 tahun terperangkap dalam permainan Jumanji, setelah ia kali terakhir melempar dadu permainan bersama teman masa kecilnya, Sarah, pada 1969. Dengan biaya produksi 65 juta dollar AS, Jumanji menjadi satu lagi film Williams yang sukses dalam box office, dengan pendapatan bersih 262.797.249 dollar AS di seluruh dunia.

Berjaya dengan film-film petualangan komedi dan drama komedi, 11 tahun kemudian Williams kembali meramaikan layar lebar dengan terlibat dalam produksi film petualangan fantasi komedi Night at the Museum (2006), yang mengadaptasi buku cerita anak berjudul sama, yang ditulis oleh Milan Trenc dan dirilis pada 1993. Dirilis pada 22 Desember 2006 oleh 20th Century Fox, film yang dibintangi oleh Williams bersama Ben Stiller, Carla Gugino, Dick Van Dyke, Mickey Rooney, Bill Cobbs, Jake Cherry, Ricky Gervais, Owen Wilson, dan Steve Coogan tersebut  langsung disambut hangat oleh para penyuka film petualangan. Film itu langsung dibikin sekuelnya dengan judul-judul Night at the Museum: Battle of the Smithsonian, yang dirilis pada 22 Mei 2009, dan Night at the Museum: Secret of the Tomb, yang akan dirilis pada 19 Desember 2014. Dalam tiga film tersebut, Williams berperan sebagai Theodore Roosevelt, yang hanya hidup malam hari ketika museum telah tutup.

Selain itu, pada 2006, Williams menjadi pengisi suara dalam film animasi produksi Australia-AS, Happy Feet, dengan sutradara dan penulis skenario George Miller. Happy Feet mendapat  penghargaan Best Animated Feature dalam Academy Awards dan Best Animated Film dalam  BAFTA Awards, serta masuk nominasi Annie Awards untuk kategori Best Animated Feature dan dan Saturn Awards untuk kategori Best Animated Film.

Dalam film itu, Williams mengisi sekaligus dua karakter pinguin lucu, yaitu Ramon dan Lovelace. Sementara itu, Elijah Wood berperan sebagai Mumble, Brittany Murphy sebagai Gloria, Hugh Jackman sebagai Memphis, Nicole Kidman sebagai Norma Jean, Hugo Weaving sebagai Noah the Elder, Carlos Alazraqui sebagai Nestor, Lombardo Boyar sebagai Raul, Jeffrey Garcia sebagai Rinaldo, dan Johnny Sanchez sebagai Lombardo.

Film tersebut diikuti Happy Feet Two, yang dirilis di seluruh dunia pada 18 November 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com