Iis Dahlia dan Keluhan Siswa

Kompas.com - 18/08/2014, 21:42 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Beberapa hari belakangan ini penyanyi dangdut Iis Dahlia (42) gusar mendengar keluhan anak sulungnya dan teman-temannya soal banyaknya mata pelajaran bagi siswa. Karena stres, putrinya, Salsabila Juwita, siswa kelas II SMA di Jakarta Selatan, ingin ikut pendidikan di rumah.

Adik Salsabila, Devano (12), siswa kelas II SMP, juga di Jakarta Selatan, mengeluhkan hal senada. Namun, Iis menolak usulan Salsabila untuk sekolah di rumah.

Keluhan kedua anak Iis itu serupa dengan keluhan ribuan siswa SMP dan SMA. Mereka melampiaskan keluhan mereka melalui media sosial.

Iis memperlihatkan salah satu surat berantai soal itu untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

”Kami capek, Pak, dengan Kurikulum 2013 yang memaksa kami menguasai hampir 18 pelajaran. Kami ingin mengejar cita-cita sesuai bakat kami, Pak, bukan cuma mengejar nilai. Kurikulum 2013 kurang fasilitas, tapi siswa dipaksa masuk pukul 06.30, pulang pukul 15.30. Sekarang Sabtu juga masuk sekolah. Lelah fisik? Iya! Capek batin? Iya!” demikian isi surat itu.

”Saya dan kalangan ibu-ibu siswa menganggap menteri pendidikan mau merampas anak-anak dari keluarga dan lingkungan sosialnya. Kalau Sabtu saja masuk (sekolah), terus kapan anak-anak bisa bersosialisasi?” kata pelantun lagu ”Payung Hitam” dan ”Seroja” ini. (WIN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.