PSY hingga EXO Akan Memeriahkan Upacara Pembukaan Asian Games 2014

Kompas.com - 18/09/2014, 20:16 WIB
Tiga maskot Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan: (dari kiri ke kanan) Barame, Vichuon, dan Chumuro. AFP PHOTO/JUNG YEON-JE Tiga maskot Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan: (dari kiri ke kanan) Barame, Vichuon, dan Chumuro.
EditorAti Kamil
INCHEON, KOMPAS.com -- Sebuah pesan yang jelas mengenai kesatuan Asia, bukan "memamerkan kekuatan nasional", akan menjadi tema untuk upacara pembukaan dan upacara penutupan Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, pada 19 September dan 4 Oktober. Namun, kehadiran artis musik Korea Selatan PSY, yang terkenal dengan lagu dan goyang "Gangnam Style"-nya akan menjadi sorotan utama.

Dijadwalkan, selain PSY, akan tampil juga artis-artis lain K-pop, termasuk EXO, CNBlu, dan SISTAR, serta pianis China Lang Lang.

Artis-artis modern tersebut dihadirkan setelah segmen Pyeongchang 2018 pada upacara penutupan Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi, Korea Selatan, yang diadakan sebelum Asian Games 2014 di Incheon, menuai kritik dari beberapa pihak karena menampilkan hanya nilai-nilai tradisional Korea Selatan, bukan elemen-elemen modernnya.

Berbicara di National Museum of Modern Art, Seoul, Korea Selatan, Jang Jin--pengarah artistik upacara pembukaan dan upacara penutupan Asian Games 2014--mengklaim bahwa mereka telah memilih tujuan yang berbeda dibandingkan dengan tujuan upacara-upacara untuk event-event olah raga yang lain beberapa tahun terakhir.

"Tidak seperti Asian Games dan Olimpiade terdahulu yang berfokus pada memamerkan kekuatan nasional mereka, sebut saja Asian Games 2010 di Guangzhou (China), Olimpiade 2012 di London (Inggris), dan Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi, upacara pembukaan dan upacara penutupan Asian Games 2014 di Incheon tak akan sama sekali memamerkan kekuatan, tetapi berusaha menyampaikan sebuah pesan yang jelas," kata Jang.

"Itu akan menunjukkan mimpi dari 4,5 miliar orang Asia, Asia sebagai kesatuan," lanjutnya.

Jang, salah satu sutradara film dan dramawan utama Korea Selatan selama beberapa dekade terakhir, menambahkan bahwa upacara-upacara untuk Asian Games 2014 itu akan membangkitkan empati semua peserta dengan penampilan-penampilan yang bercerita dan koreografi yang unik dalam keselarasan dengan gagasan-gagasan dan kreativitas bergaya Korea Selatan.

Jang juga mengumumkan penampilan-penampilan lain pada upacara pembukaan Asian Games 2014, yang dimulai pada pukul 18.00 waktu setempat dan bagian utamanya ditujukan untuk mengembangkan sebuah cerita yang terdiri dari empat bagian--dari "Asia tempo dulu", "Pertemuan Asia melalui laut", "Asia sebagai keluarga dan teman", hingga "Asia sebagai kesatuan dan masa depan bergabung dengan hari ini".

Aktor-aktor terdepan Korea Selatan, Chang Dong-Geon dan Kim Soo-Hyun, akan memandu para penonton mengikuti kisah itu, dengan Chang membacakan bagian pertama dan Kim hadir melalui sebuah tayangan video pada bagian kedua.

Musik klasik akan pula ditampilkan. Para pemusiknya antara lain pemain biola Richard Yong-Jae O'Neil dan pemain cello Song Young-Hoon. Namun, para artis K-pop yang amat beragam akan menyedot perhatian paling besar, baik di dalam maupun  di luar Korea Selatan.

Lim Kwon-Taek, Executive Director upacara pembukaan dan upacara penutupan Asian Games 2014 mengatakan yakin persiapan-persiapan terkait dengan upacara-upacara tersebut berjalan baik.

"Semua staf untuk acara ini terdiri dari tim penyutradaraan terbaik dan para penampil terbaik," ucap Lim.  

"Setiap orang bekerja keras untuk membuat upacara pembukaan dan upacara penutupan Asian Games di Incheon," sambung Lim.

"Itu akan menjadi sebuah festival yang membangun keselarasan dan perhatian untuk orang-orang lain, dan diharapkan setiap orang memerhatikan dengan sungguh-sungguh, dan bisa berpartisipasi dalam event yang bermakna ini," ucap Lim lagi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X