Satu Personel Keluar, "Tangga" Jadi "Dekat"

Kompas.com - 25/09/2014, 11:20 WIB
Dok Pribadi Dekat: (dari kiri ke kanan): Kamga, Chevrina, dan Tata
JAKARTA, KOMPAS.com -- Kamga, Tata, dan Chevrina sepakat untuk menghentikan perjalanan kwartet vokal Tangga yang menaungi mereka, setelah Nera memutuskan keluar dari formasi yang telah mereka bentuk pada 2004 itu. Sebagai gantinya, ketiga personel yang masih bersama tersebut membentuk band yang mereka namai Dekat dan merilis album mini berjudul Lahir Kembali.

"Tangga sudah kami vakumkan, itu sudah kami umumkan beberapa bulan lalu di social media. Mengejutkan banget sih memang, karena tiba-tiba banget, dan banyak orang yang terkejut, 'Wah kenapa?' Karena memang personel Tangga itu resign satu dan kayaknya memang masanya Tangga sudah sampai di sini, itu satu (alasannya)," tutur Tata ketika diwawancara oleh Kompas.com di Tebet Timur Dalam I, Jakarta Selatan, Kamis (18/9/2014).

Dengan Nera keluar, semangat Kamga, Tata, dan Chevrina tak menjadi redup.

"Dan, oke, gue, Kamga, dan Chev mau berkarier terus, tapi dengan musik yang lebih menggambarkan kami, dan itu beda jauh dengan Tangga," jelas Tata.

"Tadinya oke tetap pakai nama Tangga saja deh, Tangga keluar satu (personelnya) dan it's ok, bukan masalah. Tapi, kami justru enggak mau tanggung-tanggung lompatnya dan gue sudah enggak mau bawain lagu Tangga," lanjutnya.

Selain alasan itu, pada pertengahan 2014 mereka mengambil langkah berani keluar dari perusahaan rekaman yang selama ini menaungi Tangga.

"Sudah di-cut saja, kami mulai dari baru, mulai dari yang benar-benar keluar di 2014 ini, dan ya sudah kami pilih nama baru, Dekat," jelas Tata lagi.

"Memang banyak sekali yang kami cut, soalnya kalau terus-terusan kerja di lembaga yang sama kami enggak akan bisa begini, enggak akan bisa dapat kebesasannya. Jadi, kami nge-cutting banget, kami pisah sama label, kami pisah sama Nera, jadi banyak keputusan nekat untuk bikin Dekat ini," timpal Kamga.

Dalam formasi band, Kamga, Tata, dan Chevrina mengeksplorasi musik yang mereka suka selama ini. Menurut Tata, musik yang mereka pilih sangat jauh berbeda dengan pop-soul yang selama ini lekat dengan Tangga.

"Apa bedanya Tangga dengan Dekat? Enggak usah jauh-jauh, gue kasih lagunya Dekat, itu sudah beda jauh. Itu baru dua, kami punya lima lagu. Kalau misalnya mau didengerin lima-limanya itu beda banget, jauh sama Tangga kalau dari segi karya," ujar Tata.

"Kami pengin bermusik lebih bahagia dan lebih lepas. Kan orang bisa hidup bahagia kalau dia bisa lakukan apa yang dia inginkan," sambung Kamga.

Untuk musik Dekat, ketiga personelnya memasukkan pengaruh musik Barat zaman sekarang.

"Pada dasarnya kami masih mainin pop, cuma musiknya lebih modern, lebih ke musik zaman sekarang. Terutama musik barat ya, Inggris dan Amerika, influence kami dari Bastille, Ellie Goulding, Drake, Twenty One Pilots," papar Tata.

Halaman:


EditorAti Kamil

Close Ads X