Anang Hermansyah Ingin Benahi Industri Kreatif lewat DPR RI

Kompas.com - 01/10/2014, 18:47 WIB
Artis musik yang menjadi anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN), Anang Hermansyah, bersama istrinya, vokalis Ashanty, diwawancara usai pelantikan anggota DPR RI 2014-2019, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (1/10/2014). KOMPAS.com/IRFAN MAULLANAArtis musik yang menjadi anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN), Anang Hermansyah, bersama istrinya, vokalis Ashanty, diwawancara usai pelantikan anggota DPR RI 2014-2019, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (1/10/2014).
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis musik yang baru saja dilantik menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Anang Hermansyah (45), mengaku akan berupaya membenahi industri kreatif Tanah Air, khususnya industri musik, yang sedang terpuruk karena pembajakan dan download (unduh) gratis ilegal.

"Karena, kalau dibiarin, industri kita bisa collapse. Sekarang orang masih senang download gratis, tapi (di sisi lain) seniman enggak punya pensiun, royalti enggak dibayar, dan karyanya di-download gratis. Dan, aku bagian dari situ, makanya aku di sini mau memerjuangkan itu," kata anggota Partai Amanat Nasional (PAN) itu dalam wawancara usai pelantikan para anggota DPR RI periode 2014-2019, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Mengenai kerja nyatanya, Anang, yang membidik Komisi X (membidangi pendidikan, pemuda, olah raga, pariwisata, kesenian, dan kebudayaan), mengaku akan menerapkan undang-undang terkait yang telah disahkan oleh pemerintah periode sebelumnya.

"Sekarang kan sudah ada pengesahan undang-undang, ya tinggal menunggu implementasinya bisa berjalan," ujar Anang.

Secara pribadi, Anang berterima kasih atas amanat dari para pemilihnya.

"Masyarakat memilih itu aku terima kasih dan itu bagus buat aku. Saat membaca sumpah (jabatan) pun aku meresapi banget buat aku pribadi," tutur Anang.

"Aku berapa kali bicara bahwa yang antar aku ke sini adalah teman-teman berkesenian, teman-teman berkaryaku, itu yang support, ya pastinya itu enggak bisa aku tinggalin. Ya mengemban amanat rakyat itu tidak mudah, ini bukan hal yang biasa aku lakukan. Lihat perkembangan," imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.