Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengabadikan Latihan Pementasan Teater di Garasi pun Jadi

Kompas.com - 08/10/2014, 13:15 WIB
Irfan Maullana

Penulis

KOMPAS.com/IRFAN MAULLANA Geger Negeri (kanan) mencoba menghalangi perkelahian antara Marita (tengah) dengan seorang oknum. Adegan itu diabadikan dengan mode manual pada kamera digital Samsung GALAXY K zoom dalam latihan pementasan teater Pekcang & Marita, yang disutradarai oleh Renny Djajoesman, dalam sebuah garasi di kawasan Ragunan, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (6/10/2014) malam.
JAKARTA, KOMPAS.com -- Ketika memotret sebuah kegiatan, kita sering harus berhadapan dengan kondisi yang tak memenuhi syarat untuk menghasilkan gambar-gambar yang bagus. Namun, pada Senin lalu (6/10/2014) malam, ketika Kompas.com mengabadikan latihan menjelang pertunjukan teater Pekcang & Marita di sebuah garasi di kawasan Ragunan, Cilandak, Jakarta Selatan, kondisi yang tidak bagus bisa diatasi dengan menggunakan kamera digital Samsung GALAXY K zoom.

Kompas.com "menantang" kamera digital Samsung GALAXY K zoom untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam mengabadikan latihan menjelang pementasan teater Pekcang & Marita, yang disutradarai oleh pegiat teater dan penyanyi Renny Djajoesman (55). Latihan itu dilakukan bukan di panggung dalam sebuah gedung pertunjukan, melainkan di sebuah garasi, tanpa penataan cahaya dan dekor.

Dalam memotret penampilan penuh gerak dari para pemain teater tersebut, Kompas.com menggunakan mode manual pada kamera digital Samsung GALAXY K zoom, tanpa menggunakan flash, dengan mengatur ISO 1600, diaragma 3.8, dan shutter speed 1/15. Fitur auto focus bisa merespons cepat keinginan pengguna kamera itu untuk fokus pada satu titik tertentu dengan hanya sekali sentuh pada layar kamera tersebut. Begitu pula dengan mode zoom in dan zoom out.

Pengguna kamera itu memiliki opsi mengaturnya pada tombol manual di sebelah kiri atau memilih yang lebih responsif dengan hanya melebarkan atau menyempitkan sentuhan dua jari pada layar sebelum memutuskan untuk menjepret sasaran setelah komposisi foto sudah menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com