Mengabadikan Latihan Pementasan Teater di Garasi pun Jadi

Kompas.com - 08/10/2014, 13:15 WIB
Geger Negeri (berkemeja kotak-kotak) meratapi kematian Merpati, yang tertembus timah panas di dadanya. Adegan ini diabadikan dengan mode manual pada kamera digital Samsung GALAXY K zoom dalam latihan pementasan teater Pekcang & Marita, yang disutradarai Renny Djajoesman, di sebuah garasi di kawasan Ragunan, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (6/10/2014) malam. KOMPAS.com/IRFAN MAULLANAGeger Negeri (berkemeja kotak-kotak) meratapi kematian Merpati, yang tertembus timah panas di dadanya. Adegan ini diabadikan dengan mode manual pada kamera digital Samsung GALAXY K zoom dalam latihan pementasan teater Pekcang & Marita, yang disutradarai Renny Djajoesman, di sebuah garasi di kawasan Ragunan, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (6/10/2014) malam.
|
EditorAti Kamil
KOMPAS.com/IRFAN MAULLANA Geger Negeri (kanan) mencoba menghalangi perkelahian antara Marita (tengah) dengan seorang oknum. Adegan itu diabadikan dengan mode manual pada kamera digital Samsung GALAXY K zoom dalam latihan pementasan teater Pekcang & Marita, yang disutradarai oleh Renny Djajoesman, dalam sebuah garasi di kawasan Ragunan, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (6/10/2014) malam.
JAKARTA, KOMPAS.com -- Ketika memotret sebuah kegiatan, kita sering harus berhadapan dengan kondisi yang tak memenuhi syarat untuk menghasilkan gambar-gambar yang bagus. Namun, pada Senin lalu (6/10/2014) malam, ketika Kompas.com mengabadikan latihan menjelang pertunjukan teater Pekcang & Marita di sebuah garasi di kawasan Ragunan, Cilandak, Jakarta Selatan, kondisi yang tidak bagus bisa diatasi dengan menggunakan kamera digital Samsung GALAXY K zoom.

Kompas.com "menantang" kamera digital Samsung GALAXY K zoom untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam mengabadikan latihan menjelang pementasan teater Pekcang & Marita, yang disutradarai oleh pegiat teater dan penyanyi Renny Djajoesman (55). Latihan itu dilakukan bukan di panggung dalam sebuah gedung pertunjukan, melainkan di sebuah garasi, tanpa penataan cahaya dan dekor.

Dalam memotret penampilan penuh gerak dari para pemain teater tersebut, Kompas.com menggunakan mode manual pada kamera digital Samsung GALAXY K zoom, tanpa menggunakan flash, dengan mengatur ISO 1600, diaragma 3.8, dan shutter speed 1/15. Fitur auto focus bisa merespons cepat keinginan pengguna kamera itu untuk fokus pada satu titik tertentu dengan hanya sekali sentuh pada layar kamera tersebut. Begitu pula dengan mode zoom in dan zoom out.

Pengguna kamera itu memiliki opsi mengaturnya pada tombol manual di sebelah kiri atau memilih yang lebih responsif dengan hanya melebarkan atau menyempitkan sentuhan dua jari pada layar sebelum memutuskan untuk menjepret sasaran setelah komposisi foto sudah menarik.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X