Cerita Ras Muhamad dan Bob Marley

Kompas.com - 24/10/2014, 07:19 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com - Vokalis Ras Muhamad mengaku langsung jatuh cinta dengan musik reggae sejak pertama kali mendengar musik dari Jamaika itu pada 1993. Ini penuturan Ras soal reggae dan sosok yang dikaguminya.

"(Suka reggae) dari masih di rahim, hahaha. Enggak, yang benar dari kecil, dari 1993. Dari situ kawan SMA kelas 1 dari Perancis mengenalkan aku lebih dalam dengan musik reggae," kata Ras, Kamis (23/10/2014).

Cerita perjalanan Ras dan musik reggae ini meluncur dalam program bincang-bincang musik K-akustik yang ditayangkan Kompas.com secara live streaming dari Studio Sinergi, Palmerah Barat, Jakarta Pusat, Kamis malam.

Ras juga banyak mendengar lagu-lagu yang dinyanyikan oleh "King of Reggae" Bob Marley. "Pada 1996 mengenal Bob Marley, karena waktu itu 'Redemption Song' punya dampak musik secara sosial," kenang Ras.

Dari Marley, Ras mengaku tak hanya menyukai musiknya tetapi juga figur penyanyi asal Jamaika yang meninggal dalam usia 36 tahun itu. "Setiap kali aku melihat fotonya Bob Marley saya lihat sosoknya kharismatik, perjuangannya yang sangat," ujar dia.

Karenanya, Ras pun tak memungkiri kerap merasa sedih ketika orang-orang hanya melihat Bob Marley sebagai musisi. "Padahal Bob Marley itu satu-satunya musisi yang mendapat penghargaan dari PBB pada 1977 atas perjuangan dia untuk perdamaian. Dia musisi satu-satunya yang mendapat penghargaan itu."

Ras menambahkan, Bob Marley juga sosok sangat revolusioner. "Dia didiagnosa kena kanker kronis, dia memang tahu riwayat hidupnya sangat singkat, hanya sampai umur 36 tahun, tapi dia rilis 15 album," kata dia bersemangat.

Seiring perjalanan kariernya dalam bermusik, Ras menjadi satu-satunya penyanyi Indonesia yang berani memproklamirkan diri sebagai duta reggae saat merilis album kedua pada 2007.

"Sebenarnya enggak ada yang milih aku (menjadi duta reggae), tapi itu sebagai kesadaran dan tanggung jawab (sebagai penyanyi). Pada album kedua, pada 2007, aku kasih judul 'Reggae Ambassador', saya terinpirasi dari tokoh reggae yang lagunya I'm reggae ambassador," ujar Ras.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.