Andien: Batik dan Inspirasi Perempuan Madura

Kompas.com - 27/10/2014, 18:21 WIB
EditorKistyarini
JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Andien akan tampil pada perhelatan mode Jakarta Fashion Week, 2 November mendatang. Kali ini, Andien diajak bekerja sama dengan pencinta batik Iwet Ramadhan untuk menampilkan batik madura.

”Saya memberi gagasan visual dan Iwet yang menerjemahkannya dalam gambar,” kata Andien tentang bentuk kolaborasinya.

Untuk rancangan motif, Andien terinspirasi oleh ketangguhan perempuan Madura, termasuk para istri nelayan yang sering ditinggal suami untuk berlayar berhari-hari. Istri nelayan Madura disebut Andien sebagai tulang punggung keluarga.

”Dari ide itu, aku menggunakan tulang punggung sebagai motif,” kata perempuan bernama lahir Andini Aisyah Hariadi itu.

Yang mengagetkan Andien atas ajakan Iwet itu bukan masalah hajatan mode karena Andien beberapa kali hadir di pekan mode, termasuk New York Fashion Week, September lalu.

Andien kaget kala mendengar batik madura. ”Aku ini, kan, orang Madura. Bapakku orang Madura, ha-ha-ha...,” ujar Andien.

Ayah Andien, Didik Hariadi, berasal dari Sumenep, Madura, Jawa Timur. Adapun sang ibu, Henny Sri Hardini, berasal dari Kebumen, Jawa Tengah. ”Jadi, yang satu gaya (bicara) Madura, yang satunya ngapak-ngapak, ha-ha-ha....”

Ngapak-ngapak adalah penggambaran dialek dan logat bicara gaya Jawa banyumasan. (XAR)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.