Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Henky Solaiman Belajar dari yang Muda

Kompas.com - 07/11/2014, 15:10 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Sejak tahun 1993, aktor senior Henky Solaiman (73) tercatat 10 kali bermain dalam film-film garapan mahasiswa Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta (FFTV-IKJ). Aktivitas itu dilakukan di sela-sela kesibukannya sebagai aktor, produser, sekaligus sutradara film.

"Saya suka bekerja sama dengan sineas-sineas muda. Mereka membuat film-film pendek yang idealis dan tidak komersial, tetapi tetap disukai banyak orang, seperti film CINtA dan Wan An yang menang di luar negeri," kata Henky di sela-sela pembukaan FFTV-IKJ International Student Festival 2014 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Rabu (5/11/2014).

Meski tak mendapat honor, Henky total memerankan tokoh-tokoh film garapan mahasiswa IKJ untuk tugas akhir sebelum lulus.

"Kami saling membantu dan sama-sama belajar. Mahasiswa meminta bantuan saya, tetapi saya juga mendapat pengalaman baru," ungkap lelaki kelahiran Bandung, 30 Agustus 1941, ini.

Akhir-akhir ini, Henky terlibat dalam film 7/24 garapan sutradara muda Fajar Nugros bersama Lukman Sardi, Dian Sastrowardoyo, dan putranya, Verdi Solaiman. Film ini akan tayang pada akhir November.

"Ini film romantik komedi dengan cerita menarik, tetapi tidak berat," kata Henky.

Yang membuat haru Henky adalah keikutsertaan mantan mahasiswa IKJ yang kerap bekerja sama dengannya menjadi kamerawan.

"Dia kini telah menjadi cameraman beken," ucapnya. (ABK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com