Hoax Kabar Cesar Millan Si Pawang Anjing Meninggal Dunia

Kompas.com - 04/12/2014, 23:08 WIB
|
EditorHindra Liauw
CALIFORNIA, KOMPAS.com - Sebuah kabar yang menyebut pawang anjing kenamaan Cesar Millan meninggal dunia akibat serangan jantung pada Kamis (4/12/2014) dipastikan hanya isapan jempol semata atau berita hoax.

Kabar simpang-siur ini sebelumnya dimuat oleh sebuah situs web agen berita yang diklaim cukup ternama di Spanyol - ProcesoMX. Dari situ pula, ribuan penggemar Cesar yang termakan hoax ini pun langsung menyebarluaskan tautan berita tersebut di media sosial Facebook dan Twitter.

Dikutip dari ibtimes.co.in, berita bohong tersebut menyatakan bahwa pria berdarah Meksiko-Amerika yang lahir 45 tahun silam di De la Cruz, Sinaloa itu telah mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Santa Clarita, California.

Disebutkan pula bahwa Millan telah menjalani rawat inap sejak Rabu (3/12/2014) sore waktu setempat dengan diagnosa serangan jantung yang menyebabkan berhentinya aliran darah ke otak dan organ vital lainnya sehingga membahayakan nyawa.

Berita bohong ini diperkuat dengan pemberitahuan palsu yang seolah dinyatakan resmi oleh istri Millan, Jahira Dar.

"Aku harap Anda bisa memahami rasa kehilanganku, dan aku akan menghargai Anda jika Anda memberi kami ruang untuk berkabung."

Namun, berita bohong itu segera dibantah banyak pihak. Salah satunya langsung dari kantor berita terpercaya di Meksiko, Monitor National.

"Salah informasi dapat menyebabkan efek yang hebat dan kontroversi di jejaring sosial," tulis Monitor National meluruskan kabar miring yang membuat ribuan penggemar Millan. Setelah itu, para penggemar pun mulai tenang begitu mereka membaca beberapa aktivitas Millan di akun Facebook dan Twitter miliknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.