Pembuat Komik "Pendekar Tongkat Emas" Jatuh Hati kepada Christine Hakim

Kompas.com - 18/12/2014, 15:27 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Komik Pendekar Tongkat Emas, yang dirilis pada 17 Desember 2014, menurut pembuatnya, Alex Irzaqi (28), memiliki alur kisah berbeda dari versi film Pendekar Tongkat Emas, yang mulai diputar di gedung-gedung bioskop Tanah Air mulai Kamis ini (18/12/2014).

Dalam komik itu, Alex meceritakan kehidupan awal Cempaka sebelum dikenal sebagai Pendekar Tongkat Emas yang legendaris.

"Di filmnya, Cempaka itu kan sudah sepuh, performanya enggak terlalu jago lagi. Nah, di sini (dalam komiknya) digali lagi sejago apa sih Cempaka dulunya, kenapa dia bisa jadi legenda," jelas Alex dalam wawancara di kantor Redaksi Kompas.com, di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, 1 Desember 2014.

Kekuatan Cempaka muda juga dihadirkannya sebagai bagian utama komik setebal 40 halaman itu.

"Termasuk daftar jurus-jurusnya, itu ada di komik ini. Yang enggak keluar di filmnya, ada di komik ini. Seperti jurus Membelah Angin, Membantai Seribu Srigala, itu ada di sini," terang Alex lagi.

Untuk mencipta karakter Cempaka muda, Alex mendalami dulu karakter Cempaka tua yang diperankan oleh aktris kenamaan Christine Hakim dalam film yang diproduksi oleh Miles Films bersama Kompas Gramedia (KG) Studio dan disutradarai oleh Ifa Isfansyah itu. Alex mengaku tak ingin karakter Cempaka muda dalam komiknya bergeser jauh dari karakter Cempaka yang dimainkan oleh Christine.

"Sebenarnya tokoh Cempaka itu image-nya Christine Hakim, meski di film Cempaka muda itu Prisia Nasution. Tapi, pendekar perempuan legendaris itu ya nempel ke Christine Hakim, bisa dilihat dari wajahnya, dari tekanan suaranya. Pasnya segitu," jelas Alex.

Untuk mewujudkan Cempaka muda, yang mengacu ke Christine muda, pria penggemar komik-komik Dragonball Z, Tiger Wong, Tapak Sakti, dan Si Buta dari Goa Hantu ini berselancar di dunia maya untuk mendapatkan masukan mengenai tampilan fisik Christine muda.

"Makanya, ketika saya membuat Cempaka muda, saya nyari-nyari di internet, cari sorot matanya (Christine) gimana, gesture tubuhnya gimana," ujar pemuda kelahiran 16 Desember 1986 ini.

Dari segi teknik pembuatan komik, Alex mengaku tertantang oleh permintaan produser film Pendekar Tongkat Emas, Mira Lesmana. Menurut Alex, Mira memberinya batas waktu yang relatif singkat untuk menyelesaikan volume pertama Pendekar Tongkat Emas: Lembah Angin.

Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.