Chicco Jerikho Magang di Kedai Kopi

Kompas.com - 07/01/2015, 19:18 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Chico Jerikho (30) atau Chico Jericho mengaku telah menyiapkan dirinya secara serius untuk membuka kedai kopi bernama Kedai Filosofi Kopi bersama rekan seprofesinya, Rio Dewanto, dan sutradara Angga Dwimas Sasongko. Chico magang untuk belajar meracik kopi di salah satu kedai kopi ternama di Bali pada Desember 2014 demi menjadi seorang barista andal di kedai mereka nanti.

"Sekarang lagi belajar jadi barista, jadi sering banget ngopi. Karena saya racik kopi, jadi saya cicipi dulu dan setiap pagi sebelum memulai kegiatan biasanya diawali dengan ngopi. Kemarin saya magang di Bali, di Kopi Kultur, belajar gimana saring kopi, racik kopi, merasakan aromanya," cerita Chico dalam wawancara di Exodus, Kuningan City, Jl Prof Dr Satrio, Jakarta Selatan, Rabu (7/1/2015).

Tak jarang Chico mendapat kritik atas racikan kopinya.

"Masukannya saya terima saja. Kadang ada yang bilang terlalu banyak susu, atau dari bijinya kurang dry, banyak faktor yang menentukan secangkir kopi," ujar Chico.

Bagi Chico, meracik kopi memiliki tantangan tersendiri.

"Kopi yang gampang, kopi tubruk. Bikinnya sederhana, enggak butuh penampilan, tapi rasanya sangat bisa dinikmati. Kopi kan kita bisa nikmati dari aroma kopinya itu sendiri. Dari situ jadi tahu kalau semua ada timbangannya (takarannya), ada waktunya, ada cara raciknya," jelas Chico.

Chico berencana membuka Kedai Filosofi Kopi setelah ia merampungkan shooting film Filosofi Kopi, yang kisahnya berdasarkan isi novel dengan judul sama, karya penulis Dewi "Dee" Lestari.

"Mungkin setelah shooting Filosofi Kopi akan bikin Kedai Filosofi Kopi di daerah Jakarta Selatan, tapi nanti ya setelah shooting," kata Chico.

"Kebetulan set yang kami pakai itu real. Itu yang dipakai shooting nanti benar-benar kami pakai untuk kedai. Nanti baristanya kalau weekend saya," katanya lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.