Ale dan Nia Tertanam di Papua

Kompas.com - 01/02/2015, 16:54 WIB
Pasangan suami istri Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen, yang sebagai para pelaku dalam industri film dikenal dengan sebutan Alenia, hadir di XXI Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2014) malam, dalam press junket film Seputih Cinta Melati . KOMPAS.com/IRFAN MAULLANAPasangan suami istri Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen, yang sebagai para pelaku dalam industri film dikenal dengan sebutan Alenia, hadir di XXI Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2014) malam, dalam press junket film Seputih Cinta Melati .
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Pasangan sineas Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen kompak blusukan ke Provinsi Papua dan Papua Barat dalam rangka pembuatan film dokumenter Alenia’s Journey Uncover Papua. Menurut rencana, selama 80 hari mereka akan menjelajah wilayah tersebut.

"Kami sempat tertanam di Tagime," kata Nia.

Maksudnya, rombongan Alenia terjebak tanah longsor di Kecamatan Tagime, Kabupaten Tolikara, Papua. Jalan putus dan mereka selama berjam-jam harus menyibak longsoran tanah agar mobil bisa melanjutkan perjalanan.

"Untungnya itu malam. Kalau siang, kami bisa takut karena ternyata jalan itu terletak di pinggir jurang," kata Nia yang pada Jumat (23/1/2015) bertelepon dari Sorong.

Mereka terharu dengan semangat rakyat di Eragayam, Kabupaten Mamberamo Tengah, yang ingin mendapat pendidikan baik. Warga membangun sendiri jalan menuju sekolah dengan alat seadanya, tanpa bantuan alat berat. Ale dan Nia kagum dengan pengabdian para guru di daerah terpencil, terjauh, dan tersulit dijangkau itu.

"Saking terharunya, air mata kami mengalir," kata Nia.

Film garapan Alenia Pictures itu akan ditayangkan dalam 13 episode di MetroTV mulai Maret. Pembawa acara tentu Ale dan Nia, dibantu Yullex Sawaki dari Papua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi, kami sudah duluan blusukan di Papua, lho," kata Nia. (XAR)



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.