Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga AS Jagokan "American Sniper" untuk Raih Oscar Tahun Ini

Kompas.com - 01/02/2015, 19:53 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com -- "And the Oscar goes to..."

Demikian kalimat yang akan diucapkan oleh para presenter penghargaan Academy Awards 2015 atau Oscar 22 Februari mendatang.

Kalau para pemenang Oscar dipilih oleh orang Amerika Serikat (AS) biasa, gelar film terbaik akan jatuh pada American Sniper, sebuah film mengenai tentara penembak jitu di Perang Irak. Demikian menurut sebuah jajak pendapat Reuters/Ipsos tahunan.

Sebuah film yang dibintangi oleh Bradley Cooper sebagai almarhum perwira Navy SEAL Chris Kyle disebut oleh 22 persen responden sebagai film yang menurut mereka pantas mendapatkan penghargaan tertinggi Oscar di antara delapan nomine, menurut survei online di Amerika yang diselenggarakan pada 16-23 Januari 2015.

Biopik pejuang persamaan hak bagi warga kulit hitam, Martin Luther King Jr, Selma, meraih tempat kedua dengan delapan persen. Boyhood, yang pengambilan gambarnya berlangsung selama 12 tahun dengan aktor yang sama dan difavoritkan di banyak ajang penghargaan, menduduki tempat ketiga dengan empat persen.

Walaupun begitu, hampir separuh, atau 48 persen, mengatakan mereka tidak yakin film mana yang layak menang Film Terbaik. Baik American Sniper maupun Selma telah mengundang kontroversi di dalam negeri AS dalam beberapa minggu terakhir.

American Sniper arahan Clint Eastwood, yang saat ini merajai box office di Amerika, memicu perdebatan antara kubu politik liberal dengan konservatif mengenai moralitas perang dan peran penembak jitu.

Selma mengundang kritik dari para sejarawan yang menganggap penggambaran Presiden Lyndon B Johnson dalam konteks perjuangan hak sipil tidak sepenuhnya akurat.

Walaupun Selma masuk dalam nominasi Film Terbaik, para aktor film tersebut gagal meraih tempat dalam nominasi akting, yang menyulut protes banyak pihak bahwa aktor dan aktris minoritas luput dari perhatian Academy of Motion Picture Arts & Sciences (AMPAS), yang memilih nominedan pemenang Oscar.

Survei juga menunjukkan, banyak dari responden belum menonton film-film yang masuk dalam nominasi Oscar tahun ini. Film yang sudah ditonton oleh sebagian besar responden adalah Gone Girl, sebuah thriller adaptasi dari buku best-seller berjudul sama, yang malah tidak masuk dalam jajaran nominasi Film Terbaik Academy Awards 2015.

Para pemenang Oscar yang akan diumumkan pada 22 Februari 2015 akan dipilih oleh 6.100 anggota AMPAS.

Jajak Reuters/Ipsos mensurvei 2.385 warga AS secara online dan memiliki interval kredibilitas plus minus 2,3 poin persentase.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com