Mastodon, Metal Warna-warni

Kompas.com - 11/02/2015, 15:48 WIB
Mastodon AFP/VALERIE MACONMastodon
EditorIrfan Maullana
LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Anggapan bahwa kostum band metal harus selalu hitam dan bergambar seram bisa jadi sudah mulai ketinggalan zaman. Band Mastodon menghadiri pesta penganugerahan Grammy Awards 2015 silam dengan kostum warna-warni suka-suka mereka.

Gitaris Brent Hinds datang berseragam klub bisbol Los Angeles Dodgers, lengkap dengan topi dan sepatu kets belel. Lebih heboh lagi kostum penggebuk drum Brann Dailor yang rapi berjas, tetapi bermotif balon di seluruh kainnya. Di baliknya, ia memakai kemeja hijau terang sesuai sepatunya.

Majalah internet Metal Injection sontak menyebut mereka sebagai band dengan kostum terbaik, kategori yang tidak ada di Grammy. Mastodon hadir di Grammy karena dinominasikan pada penampilan metal terbaik atas lagu "High Road" dari album teranyar Once More ’Round The Sun.

Di kategori itu, Mastodon bersaing dengan Slipknot, band metal veteran Anthrax dan Motorhead, serta duo Tenacious D. Pemenangnya Tenacious D yang menyanyikan ulang lagu "The Last in Line" milik Ronnie James Dio. Hasil itu menimbulkan kontroversi karena Tenacious D adalah duo yang kerap memarodikan lagu-lagu metal lawas, bukan "band metal sebenarnya".

Mastodon pernah dua kali dinominasikan untuk kategori yang sama di Grammy Awards tahun 2007 dan 2012. Sejak berdiri pada 2000, band yang juga diisi oleh Troy Sanders dan Bill Kelliher ini menghasilkan enam album. (METAL INJECTION/HEI)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.