Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Komang Dikebumikan Berdampingan dengan Makam Ayahnya

Kompas.com - 14/02/2015, 12:34 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Aktor Alex Komang dikebumikan di kampung halamannya, Desa Pecangaan Kulon, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara, Sabtu (14/2/2015) siang. Dia akan dimakamkan berdampingan dengan makam sang ayah, KH Shohibul Munir.

“Akan dimakamkan berdampingan dengan abahnya Mas Alex. Di kompleks pemakaman Islam Sirandu Desa Pecangaan Kulon,” kata seorang kerabatnya di Jepara, KH Muhammad Nashrullah Huda, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu.

Pihak keluarga besar sudah bersepakat pemakaman digelar abis salat Dzuhur. Keluarga ingin memastikan sebagian besar keluarga besar bisa menghormati dan melihat untuk kali terakhir jenazah Alex.

“Kompleks makamnya di samping gedung Nahdlatul Ulama Majelis Wakil Cabang (MWC) Pecanangaan,” tambahnya.

Aktor yang dilahirkan dengan nama Saifin Nuha itu tutup usia pada Jumat (13/2/2015) pukul 20.00 WIB di Rumah Sakit Kariadi Semarang. Ia menderita sakit kanker hati yang sudah stadium lanjut. Ia meninggalkan seorang istri, Nori dan seorang anaknya.

Putra Jepara kelahiran 17 September 1961 itu mulai debut aktingnya dalam film layar lebar Doea Tanda Mata pada 1985. Berkat aktingnya, Alex diganjar penghargaan dari Festival Film Indonesia (FFI) sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik tahun 1985. Ia merupakan salah satu anak didik mendiang Teguh Karya, sutradara kawakan sekaligus pendiri Teater Populer.

Dalam tiga tahun terakhir, ia membintangi film-film Darah Garuda (2010), True Love (2011), Surat Kecil untuk Tuhan (2011), dan 9 Summers 10 Autumns (2013).

Menjelang detik-detik ajal Alex, aktor kawakan Taufik Rahman melantunkan ayat-ayat Quran dan beberapa potong surat dalam ayat suci Islam tersebut. Kata Rahman, di sela pembacaan ayat itu, dia menghembuskan nafas terakhirnya.

“Kami bacakan ayat suci bisa tenang. Kami bacakan ayat Quran, Yasin juga. Saat di tengah bacaan itu, dia meninggal dunia,” tutur Rohman kepada Kompas.com, Jumat malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com