Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Aktor Depresi yang Bersaing untuk Best Picture Oscar 2015

Kompas.com - 21/02/2015, 13:14 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Film Birdman yang dinominasikan ke dalam kategori Best Picture atau Film Terbaik versi Academy Award atau Piala Oscar 2015, bakal bersaing ketat dengan tujuh nomine lainnya, yaitu American Sniper, The Imitation Game, Boyhood, Selma, The Grand Budapest Hotel, The Theory of Everything, dan Whiplash.  

Berikut ulasan mengenai Birdman sebelum pemenang penghargaan kategori Best Picture diumumkan di Samuel Goldwyn Theater, Beverly Hills, California, AS, yang disiarkan jaringan televisi ABC pada Minggu (22/2/2015) waktu setempat, atau Senin (23/2/2015) mulai pukul 05.00 WIB nanti.

Birdman merupakan film komedi satir karya sutradara Alejandro Gonzalez Inarritu dengan dibintangi para artis peran ternama, yakni Michael Keaton, Zach Galifianakis, Edward Norton, Andrea Riseborough, Amy Ryan, Emma Stone, dan Naomi Watts.

Birdman menjadi film pembuka dalam Venice International Film Festival ke-71, dan diputar kali pertama pada 27 Agustus 2014, dalam kompetisi film Golden Lion. Setelah itu Birdman dirilis secara terbatas di AS pada 17 Oktober 2014 dan diputar secara global mulai 14 November 2014 yang didistribusikan perusahaan film Fox Searchlight Pictures. Film yang menggelontorkan dana produksi sebesar US$ 16.5 juta ini pun sukses meraup pendapatan lebih dari US$72 juta dari seluruh dunia.

Film ini mengisahkan kehidupan Rigan Thomson (Michael Keaton), seorang aktor yang pernah memainkan karakter superhero Birdman yang sangat ikonik. Namun, di sisa-sisa kebintangannya yang mulai meredup karena termakan usia, ia harus bangkit dari depresinya, mencoba peruntungan baru dengan membuka pertunjukannya sendiri di panggung Broadway.

Sayang, pada malam pembukaan panggung Broadway tersebut, Rigan melakukan kesalahan hinga pertunjukan mejadi berantakan. Saat itu pula ia mulai bertempur melawan egonya dan berupaya untuk memulihkan hubungan keluarganya, kariernya, dan dirinya sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com