Edward Redmayne, dari Teater ke Oscar

Kompas.com - 24/02/2015, 20:14 WIB
Aktor Eddie Redmayne menerima penghargaan Actor in a Leading Role dalam Academy Awards 2015, Dolby Theatre, Hollywood, California, AS, Minggu (22/2/2015) malam waktu setempat,  berkat aktingnya dalam film The Theory of Everything. 

Getty Images/AFP Photo/Kevin WinterAktor Eddie Redmayne menerima penghargaan Actor in a Leading Role dalam Academy Awards 2015, Dolby Theatre, Hollywood, California, AS, Minggu (22/2/2015) malam waktu setempat, berkat aktingnya dalam film The Theory of Everything.
|
EditorAti Kamil
HOLLYWOOD, KOMPAS.com -- Ungkapan "from zero to hero" tepat untuk perjalanan karier aktor, vokalis, dan model dari Inggris Edward John David "Eddie" Redmayne (33) atau Eddie Redmayne, yang baru saja meraih penghargaan Best Actor in a Leading Role dari Academy Awards atau Oscar 2015, di Dolby Theatre, Hollywood, California (AS), Minggu (22/2/2015) malam waktu setempat.

Sebagai aktor, pria kelahiran London, 6 Januari 1982 ini memulai karier profesionalnya di bidang akting dari panggung teater dan televisi pada awal 2000. Ia mulai dikenal berkat pementasan cerita komedi karya William Shakespeare berjudul Twelfth Night di Middle Temple Hall, London, pada 2002.

Merujuk ke Wikipedia, dua tahun kemudian karier Redmayne mulai bersinar setelah ia dianugerahi penghargaan Outstanding Newcomer versi Evening Standard Theatre Awards ke-50 pada 2004, berkat penampilannya dalam pertunjukan teater karya Edward Albee, The Goat, or Who Is Sylvia?, dan sebuah penghargaan Best Newcomer dalam Critics' Circle Theatre Awards 2005. Beberapa penghargaan lainnya pun ikut dikoleksi Redmayne setelah sukses bermain dalam pertunjukan Now or Later karya Christopher Shinn di Royal Court Theatre.

Ikut membintangi Red, karya penulis naskah John Logan yang dipentaskan di Donmar Warehouse, London, pada 2009, menjadi puncak karier Redmayne dalam industri teater. Ia diganjar Olivier Award untuk kategori Best Actor in a Supporting Role dan Tony Award untuk kategori Best Performance by a Featured Actor in a Play pada 2010.

Setelah mengoleksi beberapa penghargaan di panggung teater, Redmayne mulai fokus di dunia seni peran layar lebar yang sebenarnya sudah dirintis sejak 2006 ketika ikut membintangi film Like Minds.

Di "alamnya" yang baru, Redmayne bukanlah seorang pemain film yang haus prestasi seperti ketika menjadi bintang teater. Namun, sejak akting perdananya, dalam film Like Minds, Redmayne mulai kebanjiran tawaran untuk main film. Film-film peraih penghargaan Golden Globe Awards, Academy Awards, dan  British Academy Film Awards, yakni My Week with Marilyn (2012) dan Les Miserables (2012), tercatat dibintangi oleh Redmayne.

Agaknya, dua film tersebut menjadi "lahan" Redmayne untuk menempa kemampuan aktingnya. Misalnya, ketika berperan sebagai Marius Pontmercy, pelajar yang bersahabat dengan Madame Thenardier dalam film Les Miserables, Redmayne main bersama aktris Anne Hathaway, yang akhirnya terpilih sebagai Best Supporting Actress untuk film tersebut.

Selang dua tahun kemudian, Redmayne menjelma menjadi aktor yang paling bersinar di muka bumi ini berkat perannya sebagai fisikawan dan kosmologis kelahiran Inggris, Stephen Hawking, dalam film The Theory of Everything (2014). Berkat aktingnya dalam film itulah Redmayne memanen hasil jerih payahnya tahun ini. Ia meraih penghargaan Best Actor dalam Academy Awards, Best Actor (Motion Picture Drama) dalam Golden Globe Awards, Outstanding Performance by a Male Actor in a Leading Role dalam Screen Actors Guild Awards, dan Best Actor in a Leading Role dalam BAFTA Awards.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X