Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Tunisia: Lokasi Shooting Film "Star Wars" Tetap Aman

Kompas.com - 01/04/2015, 14:53 WIB
TUNIS, KOMPAS.com -- Ketua klub penggemar Star Wars di Tunisia dibanjiri pesan dari rekan-rekannya di luar negeri. Mereka menyatakan khawatir karena berita yang menyebut bahwa lokasi pengambilan gambar film Star Wars di kota Tataouine atau Tatooine, Tunisia, diserang oleh sebuah pihak bersenjata.

Salah satu media televisi dan online AS menayangkan sebuah berita keliru mengenai kondisi set film Star Wars tersebut. Media itu memberitakan bahwa lokasi shooting film yang ikonik itu merupakan tempat persinggahan pihak ISIS yang masuk ke Tunisia dari Libya. Berita tersebut langsung menyebar secara online.

Menurut berita itu, senjata-senjata ditemukan di Tataouine atau Tatooine, kota di Tunisia yang namanya diambil dari nama planet tempat asal Luke Skywalker dalam Star Wars. Pejabat Tunisia meyakinkan semua pihak bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

"Informasi itu tidak benar dan tanpa landasan dan tidak mencerminkan keadaan sebenarnya," kata Mohammed Sayem, seorang anggota komisi turisme di kota Tozeur.

Timbulnya kekhawatiran para penggemar Star Wars itu tidaklah mengherankan. Pada 18 Maret 2015 waktu setempat, di Museum Bardo, Tunis, Ibu Kota Tunisia, telah terjadi serangan oleh pihak bersenjata yang menewaskan 21 orang.
 
Kolonel Mokhtar Hammami dari pasukan Garda Nasional Tunisia mengatakan kepada Associated Press, tak kurang dari 1.500 personel, termasuk pasukan khusus, pasukan dengan anjing pelacak bom, dan pasukan penjinak bom, melakukan patroli di lokasi pengambilan gambar film tersebut.

"Saya bisa mengatakan kepada Anda tanpa rasa ragu sedikit pun bahwa semuanya berlangsung seperti biasa, bahwa kami melihat peningkatan jumlah turis asing dan juga dari dalam negeri di lokasi," ujarnya.

Kabar ancaman ISIS tersebut sempat beredar luas termasuk di Twitter, walaupun lokasi shooting film Star Wars di Tunisia berada jauh dari Tatouine, ratusan kilometer dari wilayah yang disebut-sebut itu.

"Kami berkewajiban untuk meyakinkan teman-teman kami dan para penggemar lainnya di luar negeri bahwa semua baik-baik saja, lokasi pengambilan gambar mendapat pengawalan, bahkan ada festival musik elektronika di sana baru-baru ini," ujar Abderrahman Amer, seorang penggemar Star Wars di Tunisia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com