Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Billy Syahputra Bantah Unggah Foto Bocah Liang Yaoyi

Kompas.com - 04/04/2015, 01:09 WIB
Andi Muttya Keteng Panger

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sehari setelah artis komedi Olga Syahputra (32) mengembuskan napas terakhirnya pada 27 Maret 2015, sebuah akun Twitter bernama @abangbilly mengunggah foto yang diberi keterangan "Penghormatan terakhir dokter RS Mount Elizabeth untuk Kak Olga #RIPOlgaSyahputra #asisten".

Sayangnya, foto yang menampilkan gambar beberapa petugas medis tengah membungkukkan badan di hadapan peti mati itu ternyata bukanlah dokumentasi pemulangan jenazah Olga dari Singapura ke Tanah Air pada 28 Maret 2015.

Foto tersebut rupanya sebuah dokumentasi para dokter yang melakukan penghormatan terakhir kepada jenazah seorang bocah dari Tiongkok, Liang Yaoyi (11), yang meninggal dunia karena tumor otak pada 6 Juni 2014 lalu. Media lokal Tiongkok bahkan ramai menggunakan foto yang sama dalam pemberitaannya ketika itu.

Menanggapi masalah ini, adik kandung Olga, Billy Syahputra alias Bang Billy, langsung angkat bicara. Dia mengatakan bahwa akun Twitter @abangbily bukanlah miliknya.

"Itu (@abangbily) bukan akun Bang Billy," ucapnya singkat kepada Kompas.com saat ditemui seusai tahlilan hari ketujuh meninggalnya Olga di Perumahan Kavling DKI, Jalan Kresna Raya No 4 RT 11/RW 06, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (3/4/2015) malam.

"Yang asli @bangbilly," ujarnya meluruskan.

Diberitakan sebelumnya, para penggemar Olga ramai berkicau di Twitter. Mereka meminta klarifikasi dari pemilik akun @abangbily atas sebuah foto yang memperlihatkan sejumlah dokter tengah membungkuk untuk memberi penghormatan terakhir kepada jenazah di dalam sebuah peti mati.

"@abangbily jangan ngawur, ini bukan foto Alm. Olga. http://www.infospesial.net/42481/foto-
dokter-bungkukkan-badan-beri-penghormatan-terakhir-ke-jasad-bocah/ … pic.twitter.com/ mon5z4lQSH," kicau @fadieldito, yang mendapat enam retweet dan tiga favorite pada 29 Maret 2015.

"@abangbily @ComissarFoxtrot itu bukannya gambar copas ? Dokter di rumah sakit Cina," tulis @imanbr, Kamis (2/4/2015) kemarin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com