Fast and Furious 7: Menziarahi Paul Walker

Kompas.com - 05/04/2015, 14:19 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS -- Vin Diesel dan mobil ngebut terbukti menjadi jualan laris. Nyatanya, Fast and Furious bertahan sampai sekuel ketujuh. Plot klise, dan adegan di luar akal sehat, justru menjadikan film ini mengundang penonton.

 Dibuat, baca dijual tujuh kali, film ini kreatif mencari nuansa-nuansa baru sebagai penyegar. Kali ini nuansa itu adalah lanskap Timur Tengah, yaitu Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Selain juga Los Angeles, Tokyo, dan Azerbaijan, penonton juga diajak berkelana ke tengah hutan Azerbaijan di dekat Rusia. Kemudian ada adegan sensasional, seperti lima mobil Dom dan rekan-rekannya terjun bebas dari pesawat, dan tentu saja adegan wajib, yaitu memacu mobil secepat kilat. Kali ini tim Dom mengebut di gurun pasir di Abu Dhabi.

Sutradara James Wan membawa penonton menyusup dalam pesta meriah pangeran Arab ketika Dom dan timnya mencari cip milik Ramsey yang tersimpan dalam mobil mewah sang pangeran. Dom dan Brian membawa kabur Lykan Hypersport, mobil anti peluru milik pangeran. Mereka menerobos satu menara ke menara Etihad lainnya yang tingginya 300 meter itu. Adegan semacam ini belum pernah disuguhkan dalam Fast and Furious sebelumnya.

Penyegar, atau sensasi lain, adalah hadirnya banyak aktor ternama, seperti Dwayne Johnson, Jason Statham, Djimon Hounsou, Michelle Rodriguez, dan Chris Bridges. Parade aktor ini mengingatkan pada model The Expendables. Namun, daya tarik Fast and Furious 7 masih pada Vin Diesel dan Paul Walker.

Paul Walker
Kecelakaan tunggal yang menewaskan Paul Walker pada November 2013 melahirkan rasa penasaran di kalangan penggemar Fast and Furious. Apalagi sempat tersiar kabar karakter Brian O’Conner yang dimainkan Paul itu akan ikut dimatikan. Fast and Furious 7 menjawab bahwa Brian tak pernah mati.

Brian tampil sejak adegan pembuka hingga penutup. Seperti dalam sekuel-sekuel sebelumnya, Brian bersama Dominic Toretto (Vin Diesel), Letty Ortiz (Michelle Rodriguez), Tej Parker (Chris Bridges), dan si cerewet Roman Pearce (Tyrese Gibson) berpadu menghantam sindikat kejahatan.

Penonton Fast and Furious 6 tentu bisa menebak sosok musuh besar Brian dan kawan-kawannya pada Fast and Furious 7. Sebab, di akhir film Fast and Furious 6 muncul Jason Statham yang membunuh Han (Sung Kang), salah satu rekan Dom. Jason memerankan tokoh Deckard Shaw, kakak kandung Owen Shaw.

Cerita bermula saat Dom beserta anggotanya kembali ke Amerika ingin hidup normal setelah mengalahkan sindikat Owen. Namun, suatu hari dia mendapat telepon dari Deckard yang mengabarkan telah membunuh Han dan akan menghabisi para pembunuh Owen. Itulah awal petualangan mereka, dan ketegangan film ini. Mereka terus diburu sehingga Brian harus menyembunyikan anak dan istrinya. Pada titik itu, muncul agen Frank Petty yang diperankan aktor kawakan Kurt Russell. Petty bersedia membantu Dom asal dia dan timnya berhasil membawa pulang Megan Ramsey (Nathalie Emmanuel) yang tengah ditawan komplotan Jakande (Djimon Hounsou).

Ramsey merupakan ahli komputer yang menciptakan Mata Tuhan, teknologi yang mampu melacak keberadaan seseorang dalam hitungan detik. Caranya dengan meretas semua jaringan, mulai dari CCTV hingga telepon seluler, di seluruh jagat secara bersamaan. Paul Walker mendapat tempat istimewa di film ini. Pada akhir cerita, Vin Diesel memberi pernyataan penutup sekaligus apresiasi terhadap Paul, yang tewas sebelum film usai digarap. Paul memberi andil besar dalam kesuksesan Fast and Furious sejak diputar pertama tahun 2001.

Wajar jika sutradara ataupun produser Fast and Furious 7 berniat menghentikan pembuatan film ini sepeninggal Paul. Padahal, kala itu syuting film sekuel tujuh ini masih setengah jalan. Film lantas dilanjutkan setelah mereka menemukan peran pengganti Paul, yakni Caleb Walker dan Cody Walker, saudara kandung Paul Walker.

Dengan bantuan teknologi computer-generated imagery, James Wan sukses memanipulasi raut Caleb dan Cody menjadi identik dengan Paul. Penonton sulit membedakan wajah ketiganya di sepanjang film. Kemunculan sosok Paul membawa suasana melankolis. Pada akhir film, terpapar retrospeksi aksi Paul sejak The Fast and The Furious pertama (2001) hingga aksi terakhirnya dalam Fast and Furious 7 (2015). Terlintas juga proses transformasi Brian (Paul) dari seorang polisi menjadi sosok penentang hukum bersama Dom, lantas berakhir sebagai suami dan ayah yang begitu penuh kasih.

Dalam film, Dom kerap berujar kepada Brian, "One last ride", sebagai maksud untuk berhenti mengebut dan menjalani hidup normal. Rupanya, pengendaraan terakhir Paul adalah November 2013 saat ia menumpang mobil Porsche Carrera GT yang dikemudikan rekannya, Roger Rodas, dan menabrak tiang listrik. Bagi penggemar, menonton film ini seperti menziarahi Paul Walker. (MOHAMMAD HILMI FAIQ)

Fast and Furious 7
Sutradara: James Wan
Penulis: Chris Morgan
Pemeran: Vin Diesel, Paul Walker, Dwayne Johnson, Jason Statham, Djimon Hounsou, Michelle Rodriguez, Chris Bridges, dan Tyrese Gibson
Produksi: Universal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.