Tohpati Bawa "Guitar Fantasy" ke Bentara Pentas Musik

Kompas.com - 09/04/2015, 11:02 WIB
Tohpati akan tampil dalam Bentara Pentas Musik, di Bentara Budaya Jakarta, Jalan Palmerah Selatan 17, Jakarta Pusat, Kamis (9/4/2015), pukul 19.30 WIB. www.bentarabudaya.comTohpati akan tampil dalam Bentara Pentas Musik, di Bentara Budaya Jakarta, Jalan Palmerah Selatan 17, Jakarta Pusat, Kamis (9/4/2015), pukul 19.30 WIB.
EditorIrfan Maullana
JAKARTA, KOMPAS.com -- Gitaris kenamaan Tohpati Ario Hutomo (43) akan menyuguhkan komposisi-komposisi yang menjadi materi album terkininya, Guitar Fantasy, dalam pertunjukan Bentara Pentas Musik, di Bentara Budaya Jakarta, Jalan Palmerah Selatan 17, Jakarta Pusat, 9 April 2015, pukul 19.30 WIB.

Guitar Fantasy akhirnya menjadi album gitar tunggal pertama Tohpati. Kata "akhirnya" diperlukan karena proyek ini merupakan cita-cita lama gitaris yang bernama lahir Tohpati Ario Hutomo itu.  

Sebagai musisi, Tohpati pernah membuat tujuh album atas namanya sendiri, yaitu Tohpati pada 1997, Serampang Samba (2002), It's Time (2008), Tohpati Ethnomission (2010), Tohpati Bertiga (2011), Song For You (2013), dan Tribal Dance (2014).  Akan tetapi, Tohpati  belum pernah membuat album gitar tunggal.   

Membuat album gitar tunggal adalah mimpinya, namun ia perlu mempersiapkan mental dan percaya diri yang tidak mudah karena beban sepenuhnya berada di tangan sang gitaris.  

Walaupun ia sudah 30 tahun berkiprah di blantika musik tanah air dan memiliki virtuositas dan ketrampilan teknis yang andal seperti yang telah dibuktikannya di beberapa kelompok musik antara lain Halmahera, Simak Dialog, Trisum, Tohpati Ethnomission, dan sebagai player di banyak proyek. Ia dikenal pula sebagai musisi yang perfeksionis dan memiliki standar kualitas yang tidak dapat ditawar.
 
Album terbarunya didistribusikan oleh Demajors, album Guitar Fantasy menyuguhkan 10 lagu yaitu "Guitar Fantasy", "Panah Asmara", "Middle East", "Sky Blues", "Super Nice Things", "Layang-Layang", "Peace", "My Dream", "Yang Dinanti", dan  "Saturday".

Tohpati oleh sementara penikmat musik dikenal sebagai musisi jazz, meski dalam kenyatannya, dia tidak terpaku pada satu genre musik. Bersama Trisum, misalmya, ia bisa galak dengan gitar berasa rock.

Dia bisa bemain jazz standar, swing, fusion. Ia juga mempunyai basic gitar klasik. Lalu genre apa yang dibawa Tohpati dalam album Guitar Fantasy? "Ini bukan album jazz, blues,  pop, atau apa.  Ini album gitar," kata Tohpati.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gitar di album Guitar Fantasy ini menjadi panglima. Gitar  tidak tunduk pada satu genre musik tertentu. Lagu "Guitar Fantasy" yang ditaruh di urutan pertama album, dan dipilih menjadi judul album bercita rasa country. Pada komposisi lain, Tohpati menyuguhkan cita rasa klasik, pop, rock, blues, dan gaya-gaya yang mirip flamenco.

Namun, apapun cita rasa yang dipilih Tohpati, ia berusaha membuat formula yang ia rumuskan sebagai berikut. "Komposisi yang rumit atau mudah dengan teknik bermain yang susah atau gampang kita harus bisa enjoy melakukannya, dengan harapan pendengar juga bisa menikmatinya."

Rumusan itu dieksekusi dengan cermat , tak peduli ia menggunakan gitar elektrik,  akustik dengan nylon atau pun string. Satu hal yang terasa dari album Guitar Fantasy ini, apapun jenis gitar dan genre-nya, Tohpati menyuguhkan kegembiraan bergitar. Ia ingin menujukkan bahwa gitar tidak harus muncul dengan band. "Gitar itu bisa bernyanyi sendiri," kata Tohpati.(xar)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.